Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tren Konsumen Asia Dorong Penggunaan Teknologi di Industri Travel

“Masa depan perjalanan akan sangat terhubung sepenuhnya didorong oleh teknologi. Jadi teknologi memainkan peran besar dalam mendukung tren ini,” kata Ming, seperti dilansir CNBC, Rabu (20/11/2019).

Ia menyebut, tren ini didorong oleh konsumen yang berasal dari Asia. Ini karena konsumen dari Asia memiliki cara yang berbeda, perkembangan yang berbeda dari tren penggunaan teknologi perjalanan.

“Konsumen Asia jauh lebih mengerti secara teknis, mengadopsi teknologi dengan cara yang sangat berbeda, dan menggunakannya dengan cara yang sangat berbeda. Itu kemudian semuanya terhubung, dan itu menggerakkan berbagai kebutuhan (di dalam industri). Kemudian menggerakkan berbagai cara yang diperlukan oleh pemasok dan operator untuk menyediakan layanan itu kepada industri,” ungkap Ming.

Ming mencatat bahwa Asia merupakan area pertumbuhan teknologi perjalanan yang cukup menjanjikan. Baginya sebuah perusahaan yang menyediakan distribusi, teknologi, pembayaran, dan solusi lain untuk industri perjalanan dan pariwisata global mampu meruap keuntungan senilai 8 triliun dollar AS tahun ini untuk tren teknologi perjalanan di Asia.

“Ini memungkinkan penyedia perjalanan, biro perjalanan, perusahaan dan pengembang untuk terhubung. Ini meningkatkan profitabilitas dan mendorong kesuksesan komersial di seluruh jaringan perjalanan Business To Business (B2B)," jelas Ming.

Asia tumbuh tidak hanya dalam hal volume, tetapi juga dalam hal tren konsumen. Meski demikian tren ini juga meningkatkan biaya untuk agen dalam hal pengeluaran modal (capex) mereka.

"Jadi ya, investasi capex cukup besar yang diperlukan. Mungkin ada investasi capex jangka panjang yang diperlukan, tetapi Anda melihat hasilnya dan Anda melihat potensi di pasar dengan sangat, sangat cepat," ungkap Ming.

Menurut Ming, berinvestasi dalam platform memungkinkan Anda menghemat banyak biaya, menjangkau lebih banyak orang, bertransaksi lebih banyak, dan melakukan lebih banyak bisnis. Semua hal ini terjadi jauh lebih cepat di Asia.

https://money.kompas.com/read/2019/11/20/103207526/tren-konsumen-asia-dorong-penggunaan-teknologi-di-industri-travel

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke