Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inflasi Desember 2019 Bisa Lebih Tinggi, BPS Minta Waspadai Tiket Pesawat

Kepala Badan Pusat Statistik Suhariyanto mengatakan, bila melihat dari pola selama 2 tahun sebelumnya, inflasi pada bulan Desember 2019 kemungkinan akan lebih tinggi dibanding November 2019.

Sebab, Desember merupakan bulan liburan sekolah, natal, dan tahun baru. Tak ayal, permintaan konsumsi akan lebih meningkat pada bulan itu.

"Pola selama Desember tahun 2017-2018 itu inflasi selalu lebih tinggi. Setiap tahun dari Januari-Desember yang diwaspadai adalah bulan Ramadhan dan bulan Desember," kata Suhariyanto di Jakarta, Senin (2/12/2019).

Apalagi, kata Suhariyanto, Natal, tahun baru, dan liburan sekolah memang selalu terjadi pada bulan Desember. Tidak seperti puasa dan Lebaran yang selalu berubah bulan dan tanggal.

Sehingga negara mana pun selain Indonesia bakal memperhatikan pola konsumsi masyarakat di bulan itu.

"Desember di negara manapun selalu menjadi perhatian karena permintaan konsumen selalu meningkat. Ada liburan, natal, dan tahun baru. Bisa dipastikan (inflasi) Desember lebih tinggi tapi mudah-mudahan terkendali," ucap Suhariyanto.

Untuk itu, dia meminta pemerintah waspada karena beberapa komoditas yang dipengaruhi cuaca dan musim akan sangat berfluktuasi termasuk tiket pesawat. Tiket pesawat ini lah yang harus diwaspadai peningkatannya.

Sedangkan komoditas lain seperti beras tidak membuat Kecuk khawatir. Sebab harga beras masih terjaga stabil di tingkat grosir dan eceran meski sedikit meningkat di tingkat petani.

"Waspada angkutan udara, permintaan angkutan udara naik, tiket biasanya akan naik. Sementara harga beras saya tidak khawatir. Meskipun harga beras agak naik di level pertanian, tapi di level grosir harga beras masih stabil," tutupnya.

https://money.kompas.com/read/2019/12/02/135926026/inflasi-desember-2019-bisa-lebih-tinggi-bps-minta-waspadai-tiket-pesawat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke