Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenhub Tambah Kapal Patroli untuk Amankan Natuna

Setelah KN. Sarotama-P.112, kali ini kapal patroli yang dikirim yakni KN. Kalimasada-P.115 milik Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut.

KN. Kalimasada-P.115 ke Perairan Natuna diberangkatkan pada Jumat (10/1/2020) dari Dermaga Pangkalan PLP Tanjung Uban dengan tujuan Selat Lampa Natuna.

“Kami di tingkat pusat maupun stakeholder lain tetap bersinergi (menjaga perairan Natuna),"  Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad melalui keterangan persnya Sabtu (11/1/2020)

"Seperti kemarin di Natuna kami diundang oleh TNI Angkatan Laut mengadakan rapat koordinasi bersama, pada kesempatan lain kami juga melakukan patroli dan rapat bersama,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Ahmad mengungkapkan, bahwa KPLP memiliki 5 (lima) Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) di Tanjung Uban, Tanjung Priok, Tanjung Perak, Bitung, Tual Ambon.

Ia menjelaskan, bahwa pihaknya juga banyak melakukan hubungan kerja sama dengan Sea and Coast Guard berbagai Negara seperti UK Coast Guard dan US Coast Guard.

“Australia juga demikian, kami mengadakan pelatihan operasi bersama, penanggulangan musibah dan pencemaran lingkungan, seperti terakhir di Davao Filipina yang dihadiri juga oleh Jepang dan 11 negara pemantau,” kata Ahmad.

Saat ini, Ahmad menjelaskan, KPLP memiliki 9.000 personil di seluruh Indonesia yang dilatih khusus.

“Kami sering mengadakan pelatihan untuk personil KPLP, baik di Jakarta, di daerah masing-masing, maupun kita kirim ke luar negeri kerja sama dengan berbagai negara mengadakan suatu pelatihan-pelatihan bersama,” kata dia.

https://money.kompas.com/read/2020/01/11/180200626/kemenhub-tambah-kapal-patroli-untuk-amankan-natuna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke