Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soal Travel Advice ke Indonesia, Ini Kata Luhut

Dia mengusulkan adanya diving chamber (oksigen hiperbarik) untuk destinasi-destinasi wisata menyelam, seperti di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Diving chamber adalah ruangan khusus bertekanan udara tinggi bagi pasien supaya bisa menghirup oksigen murni.

“Jadi bagaimana supaya tempat pariwisata ada chamber untuk diving, supaya kalau ada apa-apa ada yang bisa ditangani. Nah kemudian ada rumah sakitnya di situ,” kata Luhut di Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Usulan chamber diving ini berhubungan dengan apa yang disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio yang mengatakan, banyak aspek yang mungkin kurang diperhatikan untuk menyukseskan pariwisata Indonesia. Misalnya soal status travel advice menuju Indonesia.

Travel advice tersebut mengenai pengamanan di Indonesia yang dianggap tidak siap dalam menangani bencana alam, sehingga ketika para wisatawan yang hendak menyelam di Pulau Indonesia mereka merasa tidak aman.

Maka ada kemungkinan para wisatawan mencari pulau di luar Indonesia untuk menyelam.

“Nah jadi kita sediakan chamber diving itu, yang selama ini tidak ada. Jadi orang membuat Indonesia itu di garis kuning, yang artinya dalam travel advice itu hati-hati (untuk berwisata ke Indonesia), ya karena kita tidak punya kesiapan tadi. Makanya semua kita buat cepat. Sehingga mereka nyaman dan menaikkan wisatawan Indonesia. Inilah salah satu fungsi rapat ini,” ujarnya.

Dalam rapat ini, mantan Menko Polhukam menegaskan kepada para tujuh kementerian yang hadir untuk mengatasi permasalahan yang ada memang harus dengan kerja tim.

“Saya percaya teamwork itu kunci masalah. 100 hari lebih ini saya merasakan koordinasi lebih baik karena lebih ada keterbukaan dan pengalaman ini merupakan teamwork,” katanya.

https://money.kompas.com/read/2020/02/07/181704726/soal-travel-advice-ke-indonesia-ini-kata-luhut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke