Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Langkah Shopee dan Tokopedia Bila Ada Penjual yang Naikkan Harga Masker

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat dari mewabahnya pandemi virus corona atau Covid-19 membuat seluruh masyarakat membeli perlengkapan alat kesehatan seperti masker.

Keadaan seperti ini banyak dimanfaatkan para oknum untuk menjual produk masker dengan harga tinggi di beberapa platform e-commerce.

VP Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan pihaknya akan siap menutup permanen toko online apabila ditemukan ada yang menjual produk masker dengan harga tinggi.

" Tokopedia telah menutup permanen ribuan toko online dan melarang tayang puluhan ribu produk yang terbukti melanggar. Kami juga terus melakukan sweeping berkala untuk memastikan produk yang dijual dalam platform Tokopedia sesuai dengan peraturan," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Jika masih menemukan produk yang melanggar, lanjut Nuraini, baik dari syarat dan ketentuan platform maupun hukum yang berlaku di Indonesia, masyarakat bisa ikut melaporkannya melalui fitur ‘Laporkan’ yang ada di pojok kanan atas setiap halaman produk.

Sementara itu Public Relations Lead Shopee, Aditya Maulana Noverdi mengatakan pihaknya juga tidak akan mentolerir para seller apabila ketahuan menjual produk dengan harga yang tidak masuk akal.

" Jika terdapat penjualan produk masker dari mitra penjual yang menaikkan harga dengan besaran yang tidak masuk akal, tim internal Shopee akan dengan segera menindaklanjutinya," katanya.

Aditya menambahkan hingga saat ini, Shopee terus memantau situasi dan bekerja sama dengan para penjual untuk menjaga harga pada taraf yang wajar.


Bahkan, Shopee telah menindak lebih dari 3.000 toko online nakal yang melanggar aturan seperti melambungkan harga jauh diatas harga pasar dan judul serta deskripsi yang memanfaatkan dampak wabah virus corona..

" Kami akan terus berkomitmen untuk dapat secara optimal memberikan akses kepada para pengguna kami di seluruh Indonesia untuk berbagai kebutuhan pokok dengan harga yang berada di tingkat wajar dan sesuai dengan daya beli masyarakat," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2020/04/03/112100226/ini-langkah-shopee-dan-tokopedia-bila-ada-penjual-yang-naikkan-harga-masker

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke