Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sri Mulyani Nilai Pandemi Covid-19 Adalah Ujian Generasi

Hal itu ia sampaikan saat memberikan orasi ilmiah kepada mahasiswa jurusan magister Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) pada Jumat (15/5/2020).

"Pandemi Covid-19 adalah tragedi yang mungkin terjadi sekali saja dalam hidup," ujarnya dikutip dari akun Instagram @smindrawati, Jakarta, Minggu (17/5/2020).

"Anda terpilih menjadi bagian generasi yang sedang diuji dan semua menjadi pilihan apakah Anda ingin menjadi generasi yang lebih matang, lebih cerdas, lebih peduli, lebih memiliki kecerdasan emosi, dan solidaritas sosial, atau tidak," sambungnya.

Selain itu generasi muda juga membutuhkan kemampuan analisis, kecerdasan emosi, dan kepedulian sosial.

"Akan ada virus di mana-mana di seluruh dunia, tapi bagaimana orang merespons dan menyiasatinya itulah yang membuat sebuah negara berbeda satu sama lain," kata dia.

Perempuan yang kerap disapa Ani itu mengajak masyarakat berikhtiar untuk menemukan instrumen kebijakan yang terbaik di tengah pendemi.

Selain itu, Sri Mulyani juga mengatakan memberikan penjelasan kepada para mahasiswa terkait kebijakan fiskal yang diambil pemerintah di tengah pendemi Covid-19.

Ia mengatakan kebijakan fiskal harus memiliki kredibilitas karena terkait dengan fungsi alokasi dan distribusi anggaran kepada masyarakat.

Sri Mulyani mengatakan, peran APBN akan banyak berpihak pada daerah tertinggal serta kelompok masyarakat miskin dan rentan.

"Kebijakan fiskal merespons pandemi covid dengan berbagai stimulus fiskal," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2020/05/17/200500326/sri-mulyani-nilai-pandemi-covid-19-adalah-ujian-generasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke