Salin Artikel

"Lockdown" Dilonggarkan, Harga Minyak Dunia Naik Sentuh Level Tertinggi 2 Bulan

Dikutip dari BusinessInsider, Selasa (19/5/2020), harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) pengiriman juni menguat 13 persen ke level 33,32 dollar AS per barrel.

Hal serupa juga dialami harga minyak acuan global, Brent, yang ditutup menguat 10 persen, ke level 35,72 dollar AS per barrel.

Penguatan tersebut utamanya didukung oleh pemangkasan produksi global dan kepercayaan pasar terhadap permintaan minyak yang akan mulai kembali normal, menyusul keputusan banyak negara yang melonggarkan kebijakan lockdown.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak beserta mitra (OPEC+) sudah mulai memangkas produksi minyak hingga 9,7 barrel per hari sejak awal bulan Mei. Pemangkasan tersebut berhasil mendorong harga minyak mentah dunia merangkak naik, setelah sebelumnya anjlok sangat dalam diakibatkan perang harga antara Arab Saudi dan Rusia.

Melihat kesuksesan pemangkasan produksi minyak, langkah tersebut rencananya akan terus diperpanjang hingga akhir tahun ini.

Selain itu, pasar juga merespons positif dengan pelonggaran kebijakan lockdown di beberapa negara seperti Italia, Iran, Israel, Spanyol, dan Jerman.

Beberapa negara bagian AS juga sudah melakukan langkah serupa. Sampai dengan akhir pekan lalu, beberapa negara bagian yang sudah melonggarkan kebijakan lockdown di antaranya adalah Georgia, Montana, hingga Texas.

Kombinasi antara pemangkasan produksi dan pelonggaran kebijakan lockdown berhasil mendorong harga minyak mentah dunia di pasar global.

Kendati demikian, pergerakan harga minyak mentah dunia masih belum bisa diprediksi secara jelas ke depannya. Saat ini pasar masih dibayang-bayangi ancaman gelombang kedua penyebaran virus corona.

https://money.kompas.com/read/2020/05/19/060900626/-lockdown-dilonggarkan-harga-minyak-dunia-naik-sentuh-level-tertinggi-2-bulan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.