Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Digitalisasi Jadi Peluang Industri Asuransi di Tengah Pandemi

Deputi Komisioner Pengawas IKNB II Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Moch Ihsanudin mengatakan, sebagian besar dari 270 juta jiwa masyarakat Indonesia sudah aktif menggunakan telepon seluler. Mengingat, pengguna telepon seluler di Indonesia mencapai 338 juta nomor aktif.

"Jangan heran, karena satu orang bisa gunakan dua handphone. Jumlah penduduknya sama handphone-nya, banyakan handphone-nya, dan aktif semua," kata dia dalam InfobankTalkNews Media Discussion, Kamis (30/7/2020).

Berdasarkan fenomena tersebut, Ihsanudin menilai, industri asuransi bisa menjadikannya sebuah peluang untuk makin mengembangkan bisnis ke arah digital atau insurance technology (insurtech).

"Menurut kami, peluangnya cukup besar di mana identitas dan penetrasi digital bisa kita gunakan. Maka ketika sedang terkena dampak covid (saat ini) kita tiarap tapi sambil menata kembali, begitu ekonomi membaik diharapkan (industri asuransi) bisa rebound," ungkapnya.

Peluang lainnya, kata Ihsanudin, juga terlihat dari masih rendahnya tingkat inklusi keuangan di sektor asuransi. Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLIK) 2019 yang dilakukan OJK menunjukkan, inklusi perasuransian sebesar 6,18 persen, jauh dibawah perbankan yang mencapai 73,88 persen.

Menurutnya, inklusi asuransi yang rendah menunjukkan ruang untuk industri ini berkembang masih sangat besar. Oleh sebab itu, insurtech bisa menjadi salah satu yang dimanfaatkan untuk peningkatkan inklusi dan bisnis asuransi.

"Ini bagian dari peluang bisnis di asuransi. Kalau lihat persentasenya yang kecil, itu bukan hal yang mengerikan, justru itu peluang bagaimana kita bisa penetrasi kesana, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bisnis yang menguntungkan," pungkasnya.

Sementara itu, Bianto Surodjo, Director & Chief of Partnership Distribution Officer PT Asuransi Allianz Life Indonesia menuturkan, digitalisasi membantu asuransi untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas. Menurutnya, pesatnya perkembangan pada payment system akan diikuti pula oleh asuransi.

“Mungkin perjalanan asuransi akan mengikuti jejak payment, hanya start point-nya saja yang berbeda,” ujarnya.

Ia menambahkan, jika mau berkembang lebih cepat, maka asuransi harus memasukkan ekosistem digital.

"Di asuransi umum sudah berjalan, menempelkan asuransi perjalanan ke platform perjalanan. Allianz juga sudah memulai menerapkan ini dengan bekerja sama dengan bukalapak misalnya, untuk menawarkan asuransi kesehatan dan jiwa,” jelas Bianto. 

 

https://money.kompas.com/read/2020/07/30/152322526/digitalisasi-jadi-peluang-industri-asuransi-di-tengah-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke