Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Airbnb Izinkan Pegawainya WFH hingga Agustus 2021

NEW YORK, KOMPAS.com - Perusahaan penyedia aplikasi pemesanan akomodasi Airbnb mengizinkan pegawainya untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH) setidaknya hingga akhir Agustus 2021.

Dilansir dari Business Insider, Jumat (28/8/2020), dengan keputusan tersebut, maka Airbnb memiliki kebijakan WFH terlama di antara perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka di dunia. Airbnb melampaui Facebook yang memberlakukan WFH hingga Juli 2021.

Keputusan tersebut diambil lantaran virus corona masih mewabah di Amerika Serikat. 

Selain itu, tak cuma memperpanjang masa WFH, Airbnb juga menawarkan tunjangan sebesar 500 dollar AS atau setara sekira Rp 7,3 juta (kurs Rp 14.687 per dollar AS) di luar gaji. 

Pihak Airbnb menyebut, tunjangan ini untuk menanggung biaya perlengkapan bekerja dan peralatan ergonomis selama pegawai WFH. 

"Karena kita belum tahun kapan pandemi ini akan berakhir, kami ingin memberikan fleksibilitas dan pilihan bagi pegawai untuk mengambil keputusan tentang tahun depan," tulis Airbnb dalam unggahan blog. 

"Kami menawarkan perpanjangan kerja dari rumah ini untuk memberikan kemampuan bagi pegawai untuk membuat rencana ke depan dan pilihan terkait kalender sekolah, lebih dekat dengan keluarga, merawat anggota keluarga yang rentan, dan keputusan pribadi lainnya," imbuh Airbnb. 

Sejumlah perusahaan teknologi global memutuskan untuk memperpanjang periode WFH bagi pegawainya. Facebook, misalnya, belum lama ini mengumumkan akan memperpanjang kebijakan WFH bagi karyawan hingga Juli 2021.

Raksasa media sosial itu bergabung dengan perusahaan lain seperti Google, yang juga mengizinkan karyaan untuk bekerja remote hingga musim panas tahun depan.

"Berdasarkan panduan dari ahli kesehatan dan pemerintah, serta keputusan dari diskusi internal kami tentang masalah ini, kami mengizinkan karyawan bekerja dari rumah hingga Juli 2021," kata juru bicara Facebook Nneka Norville. 


"Selain itu, kami memberi karyawan tambahan 1.000 dollar AS untuk membeli kebutuhan bekerja di rumah," jelas Norville. 

Adapun Google mengizinkan para pegawainya untuk bekerja dari rumah hingga Juli 2021.

Kebijakan ini akan berlaku untuk sekitar 200.000 karyawan tetap dan kontrak di perusahaan induk Google, Alphabet. 

Kendati demikian, keputusan memperpanjang masa WFH ini ternyata sempat menjadi perdebatan di antara para petinggi Google.

Menurut salah satu sumber dalam, perdebatannya adalah seputar seberapa efektif pekerjaan dilakukan dari rumah. Namun, CEO Alphabet sekaligus Google, Sundar Pichai, memiliki alasan sendiri terkait kebijakan ini.

Pichai bersimpati dengan para pegawai yang kebingungan dengan kondisi ini. Pichai juga membebaskan pegawai untuk menyewa tempat lain setahun penuh apabila memilih untuk pindah.

https://money.kompas.com/read/2020/08/28/081200126/airbnb-izinkan-pegawainya-wfh-hingga-agustus-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke