Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Strategi Kemendag Genjot Ekspor Indonesia

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Kasan Muhri membeberkan, ada beragam strategi yang dilakukan untuk mendongkrak aktivitas ekspor.

"Pertama adalah kami memaintain pasar dan produk-produk utama. Dengan menjaga dan melihat keadaan pasar, kami bisa tahu juga produk-produk apa yang akan kami genjot," ujarnya dalam Dialog Agribisnis Serie #4 yang disiarkan secara virtual, Selasa (6/4/2021).

Strategi kedua adalah fokus pada UKM Ekspor. Dia menyebutkan jumlah UKM Ekspor masih kecil. Nilai ekspor UMKM juga hanya sebesar 4,39 persen dari total nilai ekspor tahun 2020.

Strategi ketiga melakukan penetrasi pasar non tradisional yang meliputi wilayah Afrika, Timur Tengah, Eurasia, Amerika latin, Asia Selatan, dan Oceania.

"Sementara yang keempat adalah kami melakukan regulasi atau peraturan seperti dengan adanya Undang-undang Cipta Kerja, ada berbagai penyerdehanaan, percepatan, kepastian dalam perizinan & persetujuan ekspor. Dengan begitu para pengusaha atau UKM yang ingin melakukan ekspor akan lebih dimudahkan," ujarnya.

Di samping itu, pihaknya juga melakukan berbagai program inisiatif baik dari sisi suplai dan demand untuk meningkatkan ekspor.

Di sisi suplai, Kemendag memiliki program pendampingan desain dan konsultasi produk ekspor. Kemendag juga membuat program pembuatan sertifikasi produk ekspor seperti sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Organik, dan sertifikasi Halal.

"Sementara untuk dari sisi demand, kami menyelenggarakan berbagai acara hybrid, pameran luar negeri yang mempromosikan produk-produk Indonesia. Dengan adanya pameran ini, negara-negara lain bisa melihat dan merasa tertarik dengan produk kita," jelas dia.

https://money.kompas.com/read/2021/04/06/180100626/ini-strategi-kemendag-genjot-ekspor-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke