Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

RI-Uni Eropa Kerja Sama dalam "Green Recovery"

Adapun tema publikasi tersebut yakni Pemulihan Hijau atau Green Recovery, yakni pemulihan dari pandemi secara inklusif dan berkelanjutan merupakan kunci prioritas pembangunan Uni Eropa dan Indonesia.

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket mengatakan, Uni Eropa memulai siklus program yang baru pada tahun 2021. Tujuan utamanya adalah membangun "agenda hijau" yang komprehensif dan inklusif bersama Indonesia.

Agenda ini dapat mencakup lebih banyak "investasi hijau", perdagangan, kerja sama dalam energi terbarukan dan ekonomi sirkular, dengan tujuan akhir bergerak bersama menuju netralitas iklim.

“Kami percaya tujuan ini bisa dilakukan bersama aksi iklim, menggunakan sumber daya alam yang berkelanjutan. Kerja sama dengan Indonesia tidak hanya turut mengatasi tantangan global, tetapi juga memberikan manfaat bagi para individu dan masyarakat yang terdampak,” kata Piket dalam virtual konferensi, Selasa (4/5/2021).

Ia mengatakan, melalui upaya bersama, Uni Eropa dan Indonesia dapat mengatasi krisis kesehatan dan memastikan pemulihan ekonomi yang hijau dan berkelanjutan.

Hingga saat ini, Team Europe telah memberikan bantuan sebesar 200 juta euro untuk mendukung upaya Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19.

Dana tersebut digunakan untuk mendukung program bersama Kementerian Kesehatan Indonesia dan Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk memperkuat sistem kesehatan Indonesia dan kesiapsiagaan ancaman pandemi.

“Uni Eropa adalah mitra Indonesia yang kuat dan teguh. Kami mendukung kemajuan Indonesia untuk mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) pada tahun 2030, dan tujuannya untuk menjadi negara berpenghasilan tinggi pada 2045,” ungkap dia.

https://money.kompas.com/read/2021/05/04/201448626/ri-uni-eropa-kerja-sama-dalam-green-recovery

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke