Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dulang Untung dari Ethereum, Bankir Goldman Sachs Resign

LONDON, KOMPAS.com - Seorang petinggi Goldman Sachs memutuskan untuk mengundurkan diri atau resign setelah ia berhasil mendulang cuan dari mata uang kripto.

Dilansir dari CNBC, Minggu (15/1/2021) Managing Director sekaligus Head of Emerging Market Sales Goldman Sacs London Aziz McMahon memutuskan untuk resign setelah ia untung jutaan poundsterling dari aset kripto etherium.

Hal itu diungkapkan oleh tiga orang karyawan dari bank investasi tersebut kepada CNBC.

Namun demikian, ketiganya enggan mengungkapkan identitas lantaran isu yang dianggap cukup sensitif ini. McMahon dikatakan berhasil cuan dari aset kripto senilai 10 juta poundsterling atau sekitar Rp 199 miliar (kurs Rp 19.900).

Laporan yang dilakukan The Guardian dan e-Financial Careers sebelumnya menyatakan, McMohan mengundurkan diri dari Goldman Sachs setelah dirinya mendapat untung dari dogecoin.

Untuk diketahui, harga ethereum sejak awal tahun 2021 telah meroket hingga lebih dari 450 persen. Berdasarkan data Coingecko, saat ini harga ethereum berada di kisaran 4.088 dollar AS per keping. Sementara pada awal Januari lalu, harga ethereum masih berada di kisaran 700 dollar AS per ether.

Namun demikian, harga aset kripto seperti bitcoin dan ethereum mengalami gejolak yang cukup tinggi dalam beberapa waktu terakhir. Karena gejolak tersebut, investasi di mata uang kripto berisiko sangat tinggi.

Pekan ini saja, kapitalisasi pasar mata urang kripto tergerus hingga 365,85 miliar dollar AS setelah Elon Musk menyatakan perusahaannya, Tesla, tak lagi menerima bitcoin sebagai alat transaksi pembelian mobil.

Keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan kekhawatiran atas dampak lingkungan yang disebabkan dalam proses menambang bitcoin.

Saat ini, total kapitalisasi pasar mata uang kripto tercatat mencapai 2,38 triliun dollar AS dengan volume perdagangan dalam 24 jam terakhir sebesar 287,13 miliar dollar AS.

Data coinmarketcap.com menunjukkan, bitcoin saat ini menduduki posisi pertama sebagai aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar dengan dominasi sebesar 40 persen. Posisi kedua diduduki oleh ethereum dengan dominasi pasar sebesar 20 persen. 

Di posisi berikutnya ada binance coin dengan dominasi pasar sebesar 4,14 persen, dogecoin sebesar 2,94 persen, dan cardano sebesar 1,91 persen.

https://money.kompas.com/read/2021/05/15/135541326/dulang-untung-dari-ethereum-bankir-goldman-sachs-resign

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke