Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pasien Covid-19 Gejala Ringan di Jakarta Bisa Dapat Konsultasi dan Obat Gratis, Ini Caranya

Layanan telemedisin tersebut akan mulai diuji coba di wilayah Jakarta mulai hari ini, Selasa (6/7/2021).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, tak hanya konsultasi, bahkan lewat layanan itu pasien akan mendapat obat dan vitamin secara gratis dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Untuk mendapatkan fasilitas jasa konsultasi dokter dan pengiriman obat gratis itu, masyarakat harus melakukan tes RT-PCR pada laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes. Saat ini pemerintah telah menggandeng 742 laboratorium PCR di seluruh Indonesia.

Ketika masyarakat melakukan tes Covid-19 di laboratorium yang diakui pemerintah, dapat langsung terdata oleh Kemenkes melalui sistem New All Record (NAR). Lewat sistem ini, data kasus positif Covid-19 akan secara real time diketahui sehingga bisa segera ditangani.

"Kemenkes akan kirim notifikasi dan kode untuk akses layanan telemedisin melalui WhatsApp. Sistem ini sudah dibangun dan dikerjakan oleh Kemenkes," ujar Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (5/7/2021).

Koordinator PPKM darurat itu menyebutkan, ada 11 platform telemedisin yang bekerja sama dengan pemerintah, yakni AloDokter, Get Well, Good Doctor, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, LinkSehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok.

Ia mengatakan, orang yang terkonfirmasi Covid-19, tetapi bergejala ringan bahkan tak bergejala, dengan kondisi saturasinya masih 95 persen ke atas, serta tidak merasa sesak dan tidak memiliki penyakit bawaan, hanya perlu melakukan isolasi mandiri.

Nantinya, pasien positif Covid-19 yang tidak bergejala akan mendapatkan paket obat yang terdiri atas vitamin C, B, E, dan Zinc. Sementara yang bergejala ringan akan mendapatkan paket multivitamin, Azitromisin 500 miligram, Oseltamivir 75 miligram, dan Parasetamol Tab 50 miligram.

"Dengan layanan telekonsultasi ini, semua gejala Covid-19 yang terkonfirmasi positif dapat layanan tepat waktu, tanpa perlu antre di rumah sakit," kata Luhut.

https://money.kompas.com/read/2021/07/06/090300426/pasien-covid-19-gejala-ringan-di-jakarta-bisa-dapat-konsultasi-dan-obat-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke