Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI Tekankan Pentingnya Transformasi Ekonomi di Tengah Upaya Pemulihan Ekonomi

JAKARTA, KOMPAS.com - Transformasi ekonomi dinilai menjadi salah satu langkah penting dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Waluyo mengatakan, di tengah upaya pemulihan ekonomi, transformasi ekonomi harus berjalan beriringan guna mengakselerasi kegiatan di sektor rill.

"Serta kembali mengarahkan kinerja ekonomi ke lintasan pertumbuhan potensialnya," kata Dody dalam ketarangannya, Rabu (28/7/2021).

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang II untuk Kajian dan Perumusan Kebijakan Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) itu, terdapat tiga hal penting yang dapat mendukung penguatan fondasi ekonomi.

Pertama, dari sisi produktivitas, perlu direvaluasi sehingga hasilnya bisa dikonversi tidak hanya dari sisi kuantitas. tetapi juga kualitas pekerjaan.

Kedua, dari sisi sumber daya, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan tenaga kerja disebut memegang peranan penting dalam peningkatan daya saing.

"Sejalan dengan penggunaan teknologi digital dan otomasi yang semakin luas di kalangan industri," kata Dody.

Terakhir, dari sisi kapital, kebijakan untuk menarik dan mempermudah investasi perlu dilakukan untuk mendorong peranan swasta yang lebih optimal dalam pembiayaan pembangunan.

"Di daerah, peningkatan akumulasi kapital antara lain ditopang oleh pembangunan infrastruktur, terutama untuk konektivitas dan penyediaan energi," ucap Dody.

https://money.kompas.com/read/2021/07/28/154725326/bi-tekankan-pentingnya-transformasi-ekonomi-di-tengah-upaya-pemulihan-ekonomi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke