Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penggunaan QRIS Lintas Negara Bakal Diperluas ke Malaysia dan Arab Saudi

Asisten Gubernur & Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta mengatakan, ke depannya kerja sama penerapan sistem pembayaran digital itu akan diperluas ke negara-negara lain seperti Malaysia.

"Saat ini kami sedang melakukan piloting mengembangkan QRIS dengan Thailand, berikutnya dengan Malaysia," kata dia dalam sebuah diskusi virtual, Rabu (22/9/2021).

Lebih lanjut Filianingsih menjelaskan, melalui kerja sama bilateral tersebut, kedua negara yang telah berkolaborasi dapat menggunakan sistem pembayaran digital QR code-nya di masing-masing negara.

"Artinya nanti QRIS kita bisa dipakai pada saat turis dari Thailand datang ke Indonesia, bisa memakai QRIS kita. Dan sebaliknya, pada saat kita pergi ke Thailand kita bisa memakai QR Thailand," ujarnya.

Selain dengan Malaysia, BI juga disebut tengah menjajaki potensi kerja sama dengan negara lain, seperti hal nya Arab Saudi melalui Saudi Arabian Monetary Agency.

"Sehingga nanti pada saat umrah dan naik haji tidak perlu membawa (mata uang) riyal, sehingga cukup dengan QRIS saja," kata Filianingsih.

Untuk penggunaan QRIS di dalam negeri sendiri, Filianingsih melaporkan adanya tren pertumbuhan merchant yang terus berlanjut.

Bank sentral mencatat, sampai dengan pertengahan September 2021 terdapat 10,4 juta merchant yang telah menggunakan QRIS.

"Ini merupakan pintu masuk UMKM menuju transaksi digital," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2021/09/22/132025626/penggunaan-qris-lintas-negara-bakal-diperluas-ke-malaysia-dan-arab-saudi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke