Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menperin: Potensi Belanja Produk Halal Capai 3,2 Triliun Dollar AS pada 2024

Saat ini, dengan 1,8 miliar penduduk muslim di dunia, terdapat potensi belanja produk halal yang mencapai 2,2 triliun dollar AS.

"Tingkat konsumsi ini diprediksi meningkat 6,2 persen pada tahun 2018-2024, atau mengalami kenaikan hingga 3,2 triliun dollar AS pada 2024," ujarnya saat mendampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin meninjau Halal Indusrial Park Sidoarjo (HIPS), seperti dikutip Kompas.com dari siaran pers, Kamis (30/9/2021).

Sejauh in kata dia, perdagangan produk halal antar negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI) mencapai 254 miliar dollar AS. Nilai itu disebut dapat mendongkrak produk domestik bruto (PDB) sebesar 1-3 persen.

Sementara itu di sisi investasi, Kemenperin menyampaikan terdapat tiga sektor utama yang berkontribusi dalam perkembangan industri halal, yaitu jasa keuangan syariah sebesar 42 persen, gaya hidup syariah 4 persen, dan yang terbesar dari produk halal sebesar 54 persen.

Dengan persaingan industri halal yang semakin pesat, diperlukan upaya-upaya untuk menarik investor untuk mengembangkan industri halal di Tanah Air.

Saat ini pemerintah sedang menggodok rancangan insentif, terutama bagi pemain industri halal yang berorientasi ekspor maupun memproduksi barang substitusi impor.  Insentif tersebut dapat berupa relaksasi Pajak Penjualan (PPN) bagi penjualan kavling di KIH.

Selanjutnya, Kemenperin mendorong berkembangnya bisnis logistik halal yang menjadi penunjang bagi industri halal. Adanya pemisahan (segregation) dengan produk non-halal pada logistik, dapat menjamin konsistensi dari produk halal.

"Kami juga melakukan penguatan terhadap industri kecil dan menengah (IKM) melalui KIH. Yaitu dengan mengintegrasikan IKM dalam rantai pasok bagi KIH, fasilitasi ekspor dan sertifikasi produk halal, serta melalui program e-Smart IKM dan pengembangan sentra IKM yang telah berjalan," sebutnya.

https://money.kompas.com/read/2021/09/30/214222026/menperin-potensi-belanja-produk-halal-capai-32-triliun-dollar-as-pada-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke