Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perilaku Masyarakat Berubah, Peluang Besar bagi UMKM

Dia bilang saat ini terjadi perubahan perilaku sangat signifikan yang membuat masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengakses internet.

"Setelah adanya pandemi, banyak orang yang menghabiskan waktunya di internet bahkan durasinya di internet juga lebih dari 2-3 jam. Artinya apa? Ketika semua orang beraktivitas di internet, UMKM kita didorong juga untuk beraktivitas (berjualan) di sana," ujar Wilson dalam diskusi Webinar Gambir Trade Talk 2021 #3, Jakarta, Selasa (12/10/2021).

Adapun aktivitas masyarakat mengakses internet bermacam-macam. Wilson menyebut, berdasarkan data yang ia miliki, ada sebanyak 47 persen pengguna layanan digital baru di Asia Tenggara yang berbelanja kebutuhan grocery melalui internet, dan 37 persen untuk food delivery.

Oleh sebab itu kata Wilson, salah satu cara yang bisa dilakukan UMKM untuk menggenjot pertumbuhan bisnisnya adalah dengan melakukan storytelling packaging untuk produknya.

"Buat packaging itu lebih autentik, lebih unik dan berbeda dari produk lain. Kenapa begitu? Karena saingan banyak, tapi kalau packaging kita unik ada storytelling-nya bisa menarik lebih banyak perhatian lagi kan," ungkap dia.

Wilson menilai, UMKM harus didorong lantaran salah satu sektor tulang punggung dari perekonomian nasional.

"Kalau kita bisa masuk dan melakukan cara ini, Covid-19 yang menjadi game changer di seluruh dunia, akan menjadi oppourtunity untuk UMKM kita yang mengglobal," sambung dia.

https://money.kompas.com/read/2021/10/12/125317926/perilaku-masyarakat-berubah-peluang-besar-bagi-umkm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke