Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kunjungi Pengungsi Erupsi Semeru, Mentan Berikan Bantuan Ternak hingga Traktor

Di sana, Mentan bertemu pengungsi yang berada di posko dan menyaksikan langsung upaya penanganan pasca-bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

Pada kunjungan tersebut, secara simbolis Mentan juga memberikan bantuan, benih jagung, benih padi, bibit kopi arabika untuk luasan 847 hektar.

Kemudian, Mentan juga memberikan bantuan ternak berupa sapi dan kambing sejumlah 174 ekor, serta rumput, pakan ternak, konsentrat dan obat-obatan.

Sementara untuk masyarakat sekitar yang terdampak mendapatkan bantuan berupa traktor roda empat, traktor roda dua dan hand sprayer.

Menurut Mentan, hal utama yang menjadi prioritas untuk dilakukan adalah langkah penyelamatan.

"Masih banyak saudara-saudara kita yang harus dievakuasi, harus kita selamatkan nyawanya sebagaimana arahan Bapak Presiden Joko Widodo," ujar Mentan dalam siaran persnya, Rabu (8/12/2021).

"Kita tadi sudah sepakat untuk membuat kandang pengungsian terpusat (untuk hewan ternak) dan ada juga spot-spot di beberapa tempat yang nantinya masih dalam kendali kita," katanya.

Mentan juga mengatakan, seluruh pengendalian yang berkaitan dengan 3 agenda Kementerian Pertanian nantinya akan dipusatkan di Balai Penyuluh Pertanian (BPP).

"Agenda pertama yaitu agenda darurat seperti yang dilakukan hari ini, agenda berikutnya adalah agenda temporary, menyelamatkan apa yang bisa diselamatkan kemudian melakukan recovery, apa yang bisa ditanam, agenda ketiga yaitu agenda permanen, perbaikan irigasi dan yang lainnya," papar Mentan.

https://money.kompas.com/read/2021/12/08/103000226/kunjungi-pengungsi-erupsi-semeru-mentan-berikan-bantuan-ternak-hingga-traktor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke