Salin Artikel

Bank Mandiri Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal IV Capai 5,04 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memproyeksikan, produk domestik bruto (PDB) nasional pada kuartal IV-2021 akan tumbuh lebih pesat dibanding kuartal III-2021.

Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro mengatakan, perseroan memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada tiga bulan terakhir tahun ini mencapai 5,04 persen secara tahunan (year on year/yoy).

"Dengan demikian untuk keseluruhan tahun, pertumbuhan ekonomi diperkirakan mencapai 3,69 persen yoy," ujar dia, kepada wartawan, Rabu (8/12/2021).

Proyeksi itu dipasang oleh Bank Mandiri, selaras dengan terus membaiknya berbagai indikator perekonomian nasional.

Indikator pertama ialah indeks keyakinan konsumen (IKK) yang kembali masuk level optimis pada bulan Oktober 2021, setelah berada pada level pesimis selama tiga bulan berturut-turut dari bulan Juli sampai September 2021 karena penerapan PPKM.

Kemudian, pergerakan inflasi nasional juga masih relatif terkendali, di mana pada November 2021 indeks harga konsumen (IHK) hanya mengalami kenaikan sebesar 1,75 persen yoy, masih lebih rendah dari rentang target Bank Indonesia.

"Kami memperkirakan inflasi masih akan tetap terkendali dan berada di bawah target BI sampai dengan akhir tahun 2021 ini," kata Andry.

Dari sisi eksternal, Andry menambah, neraca perdagangan Indonesia menunjukkan surplus yang terus meningkat. Pada Oktober 2021, surplus neraca perdagangan mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah sebesar 5,7 miliar dollar AS.

Adapun akumulasi surplus neraca perdagangan dari Januari sampai dengan Oktober 2021 mencapai 30,8 miliar dollar AS, lebih tinggi dibandingkan dengan Januari sampai dengan Oktober 2020 yang sebesar 16,9 miliar dollar AS.

Dengan torehan tersebut, neraca transaksi berjalan Indonesia pada triwulan III 2021 mengalami surplus 4,47 miliar dollar AS atau 1,49 persen terhadap PDB, didorong oleh peningkatan surplus neraca barang.

"Ke depan, strategi pemulihan ekonomi harus sejalan dengan upaya pengendalian pandemi. Penyebaran kasus Covid-19 harus dapat ditekan melalui penerapan prokes," ucap Andry.

https://money.kompas.com/read/2021/12/08/190847426/bank-mandiri-proyeksi-pertumbuhan-ekonomi-ri-kuartal-iv-capai-504-persen

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.