Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Freelance dan Bagaimana Cari Lowongan Kerjanya?

KOMPAS.com - Lowongan kerja freelance adalah jarang ditemukan ketimbang lowongan full time. Bagaimana cara mendapatkan lowongan pekerjaan apa itu freelance?

Freelace masih sering dianggap pekerjaan sebelah mata karena bersifat tidak tetap dan upah yang tidak sebesar pekerja fulltime.

Jenis pekerjaan ini juga jarang muncul di situs pencarian kerja pada umumnya seperti Jobstreet atau Kalibrr.

Padahal jika ditekuni dan mengatur waktu dengan baik, apa itu freelance dapat menghasilkan uang lebih besar dari gaji pekerja fulltime pada umumnya.

Lantas pengertian dan kelebihan apa itu freelance adalah? Bagaimana mencari lowongan kerja apa itu freelance?

Pengertian freelance

Mengutip buku Cari Duit dari Freelance oleh Rahmansyah Dermawan dan ‎Desi Saraswati, pekerja lepas atau freelance adalah jenis pekerjaan yang bekerja pada perusahaan atau instansi tanpa perjanjian kerja jangka panjang dan tanpa ikatan kerja yang ketat.

Apa itu freelance biasanya tidak terikat oleh waktu atau rutinitas perkantoran. Pekerja freelance artinya dapat mengerjakan pekerjaannya di mana pun dan kapan pun.

Menurut Investopedia, freelance artinya pekerja mandiri yang menghasilkan uang berdasarkan per pekerjaan yang diselesaikan. Arti freelance biasanya untuk pekerjaan jangka pendek.

Pekerja freelance adalah berbeda dengan pekerja fulltime karena pekerja freelance tidak berstatus karyawan perusahaan. Oleh karenanya, apa itu freelance dapat menyelesaika beberapa tugas dari perusahaan berbeda secara bersamaan.

Biasanya pekerja freelance disebut sebagai pekerja independen karena dapat mengerjakan pekerjaan kontrak mereka sebagai pekerjaan sampingan atau melengkapi pekerjaan utamanya.

Arti freelance sebagai pekerja kontrak independen, biasanya memerlukan kontrak yang ditandatangani yang berisikan pekerjaan yang harus dilakukan, nominal upah yang diberikan, dan jangka waktu pekerjaan.

Upah pekerja freelance adalah biasanya dihitung per jam, per hari, per proyek, atau per tugas.

Apa itu freelance umumnya bekerja di sektor kreatif, berketerampilan khusus, film, seni, desain, pengeditan, translator bahasa, bimbingan belajar, fotografi, copywriting, media, pemasaran, musik, jurnalistik, dan sebagainya.

Keuntungan bekerja freelance adalah

Berdasarkan buku Cari Duit dari Freelance, ada beberapa keuntungan freelance adalah yang membuat pekerja freelance betah memilih freelance ketimbang fulltime.

1. Freelance waktu kerjanya fleksibel.

Tidak seperti pekerja fulltime yang terikat oleh waktu, apa itu freelance dapat bekerja tidak seperti karyawan kantoran umumnya.

Freelance artinya dapat bekerja sesuai dengan keinginannya dengan cara mengatur jam kerjanya sendiri. Freelance bebas menjadwalkan jam berapa akan bekerja, istrirahat, dan kapan pekerjaan diselesaikan.

Arti freelance bebas menggunakan dan mengatur waktu seefektif mungkin selama pekerjaannya dapat diselesaikan tepat waktu dan sesuai ekspektasi perusahaan.

2. Dapat mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus

Jika memungkinkan, pekerja freelance adalah bisa mengambil beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Arti freelance adalah pekerjaan yang dilakukannya lebih beragam dan tidak monoton.

3. Penghasilan yang diperoleh bisa lebih besar dari karyawan tetap.

Freelance artinya tidah berpenghasilan tetap setiap bulan seperti pekerja pada umumnya tapi berpotensial berpenghasilan lebih besar dari karyawan tetap karena sumber penghasilannya tidak hanya dari satu perusahaan atau pekerjaan.

Namun, banyaknya penghasilan seorang freelance tergantung pada kretaivitas, jaringan kerja, keahlian dan keterampilan, serta pengumpulan informasi berharga lainnya.

4. Dapat bekerja sesuai hobi dan keahlian.

Karena pekerjaan freelance biasanya membutuhkan keterampilan atau keahlian khusus, maka umumnya pekerja freelance sesuai dengan hobi dan keahliannya. Hal ini membuat pekerja freelance menikmati pekerjaannya.

Melihat banyaknya keuntungan menjadi freelance adalah membuat semakin yakin untuk menjadi pekerja freelance. Terutama bagi orang-orang yang memiliki kesibukan lain atau masih sekolah.

Sebab, freelance artinya pekerjaan bisa dilakukan di tengah kesibukan sehari-hari. Dengan demikian, bisa mengantongi uang tambahan dnegan menajdi pekerja freelance tanpa mengganggu rutinitas lain.

Bagaimana mendapatkan pekerjaan freelance?

Sebenarnya di zaman serba canggih seperti sekarang, lowongan pekerjaan bisa ditemukan dengan mudah. Sebab, media cakupannya lebih luas dengan adanya internet.

Melansir buku Cari Duit dari Freelance, berikut beberapa cara untuk mencari lowongan apa itu  freelance, yaitu:

Banyak alamat situs internet yang menyediakan berbagai informasi lowongan pekerjaan arti freelance. Biasanya perusahaan yang membutuhkan pekerja freelance adalah akan mengiklankan lowongannya di situs tersebut.

Untuk mencarinya, hanya perlu mengetik jenis peerjaan yang diinginkan. Maka situs akan menampilkan lowongan kerja yang dicari tersebut.

Situs pencarian kerja umum seperti Jobstreet, Kalibrr, atau sosial media LinkedIn biasa menampilkan lowongan kerja freelance adalah. Namun bisa juga melalui situs seperti upwork.com, gofreelance.com, guru.com, www.freelancer.com, dan sebagainya.

Bahkan ada beberapa situs yang membuka lowongan kerja khusus pekerjaan tertentu misalnya fotografer atau programmer.

2. Media massa

Media massa sepeti koran, tabloid, dan majalah dapat dijadikan sumber informasi lowongan pekerjaan apa itu freelance. Biasanya lowongan pekerjaan ada di kolom khusus.

3. Media Elektronik

Bisa juga mencari lowongan kerja freelance artinya dari media elektronik seperti radio dan teevisi. Meskipun sangat jarang ada lowongan pekerjaan di media elektronik, khususnya freelance.

Namun, lowongan kerja di media elektronik bisa bebas dari penipuan karena perusahaan pemasang iklan lowongan harus membayar biaya iklan cukup besar.

Dalam mencari lowongan kerja freelance adalah harap berhati-hati karena banyak penipuan lowongan kerja palsu. Gali informasi terlebih dahulu saat mau melamar pekerjaan di perusahaan.

Demikian penjelasan apa itu freelance adalah jenispekerjaan yang bekerja pada perusahaan atau instansi tanpa perjanjian kerja jangka panjang dan tanpa ikatan kerja yang ketat. Arti freelance artinya pekerja mandiri yang menghasilkan uang berdasarkan per pekerjaan yang diselesaikan

https://money.kompas.com/read/2022/01/08/081009726/apa-itu-freelance-dan-bagaimana-cari-lowongan-kerjanya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke