Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Check-in PeduliLindungi Tanpa Kuota Internet, Begini Caranya

JAKARTA, KOMPAS.com – Cara scan QR code aplikasi PeduliLindungi semakin mudah. Pengguna aplikasi PeduliLindungi dapat melakukan scan QR code tanpa memerlukan penggunaan data seluler atau kuota internet. Pasalnya, ada fitur “Offline Check In” yang bisa dimanfaatkan.

Fitur ini tentu sangat berguna bagi masyarakat yang tidak memiliki paket data atau jaringan sinyal buruk saat melakukan check-in di ruang publik. Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur “Offline Check In”?.

Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika @kemkominfo, Selasa (18/1/2022), masyarakat bisa menggunakan fitur “Offline Check In” dengan melakukan pembaruan aplikasi PeduliLindungi di perangkat Android maupun iOS.

"Check-in dengan PeduliLindungi di ruang publik, gedung perkantoran, atau di mana saja semakin mudah dengan fitur Offline Check-in. Minim koneksi sudah tidak menjadi kendala lagi dengan fitur ini. Upgrade aplikasi PeduliLindungi untuk bisa menggunakan fitur ini," tulis akun Instagram Kemenkominfo.

Diketahui, penggunaan aplikasi PeduliLindungi semakin penting di masa pandemi. Aplikasi ini bukan sekadar aplikasi biasa yang bisa diunggah dan dipakai di ponsel pintar.

Fitur “Check-in” pada aplikasi PeduliLindungi menjadi fitur yang berguna untuk Pemerintah melakukan pengawasan dan pengecekan terhadap masyarakat saat berpergian ke tempat- tempat umum.

Saat ini fitur “Check-in” dari aplikasi PeduliLindungi sudah tidak dapat terpisahkan. Pasalnya, hampir di setiap fasilitas publik mulai dari mal, rumah sakit, taman kota, restoran, perkantoran hingga tempat umum lainnya diwajibkan untuk menyiapkan barcode khusus memudahkan masyarakat melakukan “Check-In”.

Fitur ini pun memudahkan pengelola untuk mengetahui status vaksinasi Covid-19 pengunjung ke tempat yang dikelolanya dan bagi Pemerintah aplikasi ini dapat menjadi alat tracing potensi penyebaran Covid-19.

Sebagai contoh, saat hendak masuk ke fasilitas umum, pengunjung wajib check in dengan aplikasi PeduliLindungi, diperiksa suhu badannya di pintu masuk, serta mendapatkan barcode sesuai riwayat vaksinasi dan test Covid-19.

Nantinya, pengunjung akan mengaktifkan fitur Safe Entrance di aplikasi Pedulilindungi atau check in dengan pindai (scan) QR code. Berikut caranya:

  • Buka aplikasi PeduliLindungi di ponsel Anda
  • Pilih menu QR Code
  • Pilih “I Agree” pada permintaan izin akses kamera
  • Pindai QR Code yang ada di masing-masing pintu masuk
  • Pilih Check-in
  • Notifikasi check-in sukses akan muncul di layar

Setelah dipindai, akan muncul informasi disertai barcode yang ditandai dengan warna hijau, oranye, merah, hitam yang memiliki arti tersendiri.

Empat parameter warna tersebut menunjukan status vaksinasi seseorang saat melakukan check-in memanfaatkan fitur QR Code di PeduliLindungi. Berikut penjelasannya sebagaimana dikutip dari Antara:

Itulah cara scan QR code aplikasi PeduliLindungi tanpa harus menggunakan kuota internet. Pengguna dapat mencoba fitur “Offline Check In” setelah upgrade aplikasi PeduliLindungi berhasil dilakukan.

https://money.kompas.com/read/2022/01/18/114000126/check-in-pedulilindungi-tanpa-kuota-internet-begini-caranya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke