Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siapa Brian Edgar Nababan? Ini Rekam Jejak dan Perannya di Binomo

Nama Brian Edgar mengemuka setelah polisi mengungkap keterlibatannya dalam kasus penipuan berkedok trading binary option melalui aplikasi Binomo.

Bagi yang masih penasaran Brian Edgar Nababan siapa, berikut ini penjelasan dari Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Penangkapan Brian Edgar

Teka-teki mengenai siapa Brian Edgar Nababan terungkap ketika Bareskrim Polri melakukan pengembangan dari kasus yang melibatkan Indra Kesuma alias Indra Kenz.

Dittipideksus Bareskrim Polri menetapkan Brian sebagai tersangka kasus penipuan aplikasi Binomo setelah menjalani pemeriksaan pada 1 April 2022.

Dari pemeriksaan tersebut akhirnya polisi mendapatkan profil Brian Edgar Nababan dan keterlibatannya dalam kasus penipuan bersama Indra Kenz.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Brigjen Whisnu Hermawan menjelaskan, tim penyidik melakukan penahanan terhadap Brian untuk 20 hari ke depan sejak 1 April 2022.

Selain itu, usai memeriksa Brian penyidik juga telah menyita barang bukti berupa satu buah Laptop. Menurut Whisnu, Development Manager platform Binomo itu juga telah diperiksa kondisi kesehatannya oleh Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokes) Polri sebelum ditahan.

Atas perbuatannya, Brian disangkakan melanggar Pasal 45 Ayat (2) jo Pasal 27 Ayat 2 dan atau Pasal 45 A Ayat (1) jo 28 Ayat 1 Undang-Undang Nomor19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Kemudian Pasal 3, Pasal 5 dan Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan atau Pasal 378 KUHP Jo Pasal 55 KUHP.

Rekam jejak Brian Edgar Nababan

Seiring dengan penetapan tersangka ini, siapa Brian Edgar Nababan akhirnya terungkap. Brian diketahui sebagai Development Manager platform Binomo.

Lebih lanjut, mengenai profil Brian Edgar Nababan sendiri, berdasarkan hasil pemeriksaan tanggal 1 April diketahui dia pernah kuliah di Rusia sejak 2014.

"Brian Edgar Nababan kuliah di Rusia sejak 2014 kemudian di Oktober 2018," ungkap Brigjen Whisnu Hermawan, melalui keterangan tertulis, Minggu (3/4/2022) lalu.

Menurut Whisnu, Brian mendaftar di perusahan Rusia 404 Group yang bekerja sama khusus dengan aplikasi Binomo dan diterima sebagai customer support.

Brian, kata dia, bertugas menerima komplain dari pemain Binomo terutama pemain Binomo yang berada di Indonesia.

"Sejak Februari 2019 tersangka mendapatkan jabatan sebagai Development Manager Binomo yang bertugas menawarkan kepada influencer Indonesia untuk menjadi afiliator (mitra) Binomo dengan keuntungan sistem bagi hasil," papar Whisnu.

"Tersangka juga mengirimkan dana sebesar Rp 120 juta kepada tersangka Indra Kesuma pada Februari 2021," tambah dia.

Itulah informasi seputar profil Brian Edgar Nababan bagi yang penasaran mengenai Brian Edgar Nababan siapa dalam kasus penipuan lewat aplikasi Binomo.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Irfan Kamil | Editor: Egidius Patnistik)

https://money.kompas.com/read/2022/04/04/223830526/siapa-brian-edgar-nababan-ini-rekam-jejak-dan-perannya-di-binomo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke