Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penuhi Kebutuhan Masyarakat di Tengah Pandemi, 5asec Siapkan Layanan Pick-Up and Delivery Service


KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang merebak di Indonesia sejak Maret 2020 telah mengubah gaya hidup masyarakat.

Selama hampir dua tahun di tengah pandemi, masyarakat jadi terbiasa melakukan berbagai aktivitas dari rumah. Mulai dari bekerja, belajar, beribadah, hingga belanja kebutuhan sehari-hari pun dilakukan dari rumah.

Hal tersebut dilakukan seiring kebijakan  pemerintah yang mengimbau masyarakat untuk membatasi kegiatan di luar rumah. Tujuannya, untuk meminimalisasi penularan Covid-19.

Selama pandemi berlangsung, masyarakat juga dituntut mengutamakan kesehatan, kebersihan, keamanan, dan keselamatan.

Hal itu pula yang menyebabkan perubahan pola hidup masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kini, dengan jasa layanan home service ataupun online service sudah menjadi kebutuhan.

Merespons hal itu, perusahaan laundry kenamaan asal Perancis yang mengibarkan sayap di Tanah Air, 5asec Indonesia, menyiapkan layanan Pick-Up and Delivery Service.

Direktur Marketing 5asec Indonesia Sella Chalia Maharani mengatakan, Pick-Up and Delivery Service telah tersedia di sejumlah kota di Tanah Air, yakni Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Samarinda.

"5asec Indonesia menyediakan layanan Pick-Up and Delivery Service untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berkativitas di rumah saja. Cukup dengan klik layanan Whatsapp kami, 5asec Pick-Up and Delivery Service siap menjemput dan mengantar kembali pakaian, linens, karpet, dan boneka kepada pelanggan," ujar Sella dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (6/4/2022).

Sella menambahkan, ke depannya, layanan Pick-Up and Delivery Service juga akan tersedia di kota-kota lain di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarajat.

Dalam memberikan layanan prima, 5asec Indonesia mengutamakan kualitas produk, keselamatan, dan kenyamanan bagi pelanggan.

Agar kualitas tetap terjaga, lanjut Sella, 5asec Indonesia menerapkan lima hal dalam memantau quality control layanan pick-up and delivery.

“Lima hal tersebut yaitu, staff health check, minimum contact, sanitized fleet and equipment, cashless payment, serta quality assurance,” tambahnya.

Dalam operasionalnya, 5asec Indonesia juga menggunakan mesin berteknologi tinggi dengan didukung staf-staf andal serta berpengalaman.

Upaya tersebut diwujudkan untuk memberikan hasil cucian yang bersih dan rapi agar serat bahan tetap terlihat seperti baru.

Lima tahap jamin kualitas

Sella menjelaskan, outlet 5asec di Indonesia telah dilengkapi mesin berteknologi tinggi.

Teknologi ini digunakan untuk memudahkan staff dalam proses laundry. Dengan begitu, laundry maupun dry-clean dapat langsung dikerjakan di outlet.

Dalam memproses pakaian, linens, karpet, dan boneka, terdapat lima tahapan yang wajib dilakukan oleh staf 5asec Indonesia.

Pertama, diagnosis. Pada tahap ini, setiap item milik pelanggan diperiksa untuk menentukan proses pengerjaan apa yang terbaik, disesuaikan dengan kondisi dan bahan item yang akan dicuci.

“Kedua, pre-stain remover, yaitu proses penghilangan noda pada item sebelum di-laundry ataupun dry-clean,” terang Sella.

Ketiga, laundry atau dry-clean yang juga disebut sebagai proses pencucian item. Keempat, ironing atau tahap menyetrika. Untuk memberikan hasil penyetrikaan yang sempurna, staf yang kompeten dan terlatih menggunakan mesin setrika yang ergonomis.

Terakhir, quality control. Pada tahapan ini, staf akan memeriksa kembali setiap item yang telah diproses sebelum diserahkan kepada pelanggan.

“Tak hanya itu, 5asec juga mengutamakan kebutuhan pelanggan serta berkontribusi dalam menjaga kesehatan, kenyamanan dan keamanan,” kata Sella

Untuk diketahui, pada setiap lobi outlet 5asec Indonesia telah diberlakukan pembatasan jumlah pelanggan, yaitu 50 persen dari kapasitas ruangan.

Selain itu, petugas juga wajib melakukan cek suhu tubuh setiap hari serta menggunakan masker. Fasilitas sanitasi seperti hand sanitizer dan portable hand washer juga tersedia di setiap outlet 5asec.

Selain protokol kesehatan pada petugas, keamanan terhadap risiko penyakit juga diutamakan pada proses laundry dan dry-cleaning.

“Proses pencucian, pengeringan, penyetrikaan dengan suhu panas, penggunaan sabun dan zat pembersih lainnya yang digunakan, efektif untuk membunuh virus dan kuman. Pakaian pelanggan pun diproses secara terpisah,” terang Sella.

Dengan begitu, pelanggan tak lagi khawatir akan risiko terpapar virus Covid-19 dan penyakit lain.

“Jangan khawatir, layanan Pick-Up and Delivery Service siap melayani pelanggan secara cepat, aman, dan kualitas yang terjamin,” tuturnya.

Cara akses layanan pick-up dan delivery service

Untuk memanfaatkan layanan Pick-Up and Delivery Service, pelanggan 5asec dapat menghubungi customer service melalui Whatapp di nomor 0811-1258-5555.

Selain itu, imbuh Sella, 5asec juga memberikan free delivery fee sesuai syarat dan ketentuan berlaku untuk area Pondok Indah dan seluruh layanan Pick-Up and Delivery Service di luar Jakarta. 

“Hanya dengan minimum tiga pieces, armada 5asec siap menjemput dan mengantar kembali pakaian pelanggan. Dengan proses booking dan pembayaran yang mudah, Anda serasa merasakan layanan premium 5asec laundry and dry-cleaning dari rumah,” terangnya.

Sebagai informasi, keunggulan lain yang dimiliki 5asec Indonesia adalah layanan Hourly Service tanpa biaya tambahan.

Adapun layanan Hourly Service hanya berlaku untuk pakaian. Dengan menggunakan layanan ini, pelanggan dapat mengirim pakaian pada pagi hari dan dapat diambil kembali pada sore hari.

Layanan Hourly Service tersedia di sejumlah outlet, seperti Pondok Indah, Radio Dalam, Wolter Monginsidi, Kebon Jeruk, Kelapa Gading, Bintaro Mandar dan Cibubur.

Selain itu, tersedia pula di Kota Bogor, Bandung Semarang, Surabaya, Bali, Palembang, Batam, Pekanbaru, Balikpapan, Samarinda, Makassar, serta Manado.

Untuk informasi lebih lanjut, klik tautan berikut.

https://money.kompas.com/read/2022/04/08/123239126/penuhi-kebutuhan-masyarakat-di-tengah-pandemi-5asec-siapkan-layanan-pick-up

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke