Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Didorong Mudik Lebaran, Premi Asuransi Perjalanan Meningkat

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mencatat ada pertumbuhan terkait realisasi asuransi perjalanan. Hal ini didorong dengan adanya kebijakan mudik Lebaran 2022 yang dikeluarkan pemerintah tahun ini.

Direktur Eksekutif AAUI Bern Dwyanto mengatakan, tren yang terjadi pada asuransi perjalanan terlihat meningkat dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini mengingat, pada tahun lalu masih diberlakukan PPKM dan pembatasan mudik Lebaran.

"Realisasi asuransi perjalanan tentunya lebih besar dibanding tahun lalu. Estimasinya sejak Januari hingga Mei 2022 sebesar Rp 300 miliar," kata dia kepada Kompas.com, Rabu (11/5/2022).

Ia menjelaskan, estimasi jumlah ini meningkat sekitar Rp 100 miliar dibandingkan momen mudik lebaran tahun 2021 yang ada di angka Rp 200 miliar.

Namun begitu berdasarkan data yang ia miliki, angka ini masih berada jauh di bawah realisasi asuransi perjalanan pada saat sebelum pandemi.

Tercatat, jumlah premi yang berhasil dikumpulkan pada tahun 2019 adalah sebesar Rp 765 miliar. Adapun, pada tahun 2020 premi asuransi perjalanan pada periode Januari hingga Maret pada saat Ramadhan ada di angka Rp 100 miliar.

Untuk mendongkrak kinerja asuransi perjalanan, Bern menyebut pentingnya kebijakan pemerintah untuk melonggarkan perjalanan domestik, maupun perjalanan luar negeri.

Selain itu, menurut dia asuransi perjalanan juga mampu meningkatkan kinerjanya dengan melakukan kerja sama dengan travel agent, kerja sama dengan maskapai penerbangan, dan kerja sama dengan agen perjalanan religius/keagamaan.

Dengan strategi itu, ia berharap pada tahun ini penerimaan premi dari asuransi perjalanan akan terus meningkat.

"Secara spesifik tidak ditargetkan, namun diharapkan dapat mencapai angka Rp 500 miliar," ujar dia.

Sebagai gambaran, ia berujar kontribusi asuransi perjalanan terhadap total premi industri asuransi umum memang tidak lebih dari 1 persen atau kurang lebih hanya 0,9 persen.

https://money.kompas.com/read/2022/05/11/173700026/didorong-mudik-lebaran-premi-asuransi-perjalanan-meningkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke