Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Review KA Kertajaya: Jadwal, Harga Tiket, Rute, dan Denah Kursi

Terkait hal ini, rute KA Kertajaya 2022 juga harus diperhatikan. KA ini melintasi sejumlah stasiun persinggahan di sepanjang jalur Jakarta-Surabaya atau sebaliknya.

KA Kertajaya berjenis ekonomi premium. Harga tiket Kereta Api Kertajaya premium relatif terjangkau, jauh lebih murah dari kereta lain dengan kelas bisnis atau eksekutif.

Untuk kenyamanan perjalanan, tempat duduk kereta Kertajaya ekonomi bisa dipilih sesuai keinginan penumpang saat memesan tiket, selama kursi masih tersedia.

Karena itu, penting memahami posisi duduk berdasarkan denah kursi Kereta Api Kertajaya ekonomi agar pilihan tempat duduk bisa sesuai dengan selera.

Pasalnya, penampilan di dalam gerbong KA Kertajaya saat ini sudah jauh berbeda jika dibandingkan dengan wajah KA Kertajaya di masa lampau.

Artikel ini akan memberikan ulasan mengenai hal tersebut yang dirangkum dari akun Instagram @ kai121_ dan laman resmi booking.kai.id pada Kamis (14/7/2022).

Rute KA Kertajaya 2022

KA Kertajaya melayani rute perjalanan dari Stasiun Pasar Senen Jakarta menuju Stasiun Pasar Turi Surabaya (PP).

Perjalanan KA Kertajaya yang menggunakan jalur utara, menghubungkan daerah-daerah di empat provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Berikut daftar stasiun pemberhentian pada rute KA Kertajaya 2022 Jakarta-Surabaya:

Sedangkan daftar stasiun pemberhentian pada rute KA Kertajaya 2022 Surabaya-Jakarta adalah sebagai berikut:

Jadwal dan harga tiket Kereta Api Kertajaya premium

Jadwal Kereta Api Kertajaya Jakarta-Surabaya berbeda dengan jadwal keberangkatan untuk rute Surabaya-Jakarta.

KA Kertajaya dijadwalkan beroperasi setiap hari dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen Jakarta pada pukul 14.10 WIB.

Perjalanan menuju Surabaya diperkirakan menempuh waktu 11 jam lebih 15 menit sehingga dijadwalkan tiba di Stasiun Pasar Turi Surabaya pukul 01.25 WIB pada hari berikutnya.

Sedangkan jadwal keberangkatan KA Kertajaya dari Stasiun Pasar Turi Surabaya adalah pukul 21.20 WIB dengan perkiraan waktu tempuh mencapai 11 jam lebih 5 menit.

Dengan demikian, KA Kertajaya dijadwalkan tiba di Stasiun Pasar Senen Jakarta pada pukul 8.25 WIB keesokan harinya.

Jadwal Kereta Api Kertajaya Jakarta-Surabaya untuk keberangkatan dan kedatangan di stasiun lainnya dapat dilihat di laman resmi booking.kai.id atau aplikasi KAI Access.

Sementara itu, harga tiket Kereta Api Kertajaya premium berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 275.000 tergantung pada sub kelas yang dipilih.

Sub kelas KA Kertajaya ekonomi premium ditandai dengan beberapa huruf seperti Ekonomi (S), Ekonomi (Q), Ekonomi (P), Ekonomi (C), dan Ekonomi (CA).

Denah kursi Kereta Api Kertajaya ekonomi

KA Kertajaya terdiri dari 16 rangkaian gerbong kereta yang terdiri dari 14 kereta penumpang, 1 kereta restorasi, dan 1 kereta lokomotif.

KA Kertajaya disebut sebagai kereta api penumpang dengan rangkaian terpanjang karena memiliki panjang mencapai 350 meter.

Untuk memfasilitasi rangkaian kereta penumpang terpanjang di Indonesia ini, dibutuhkan dua dua kereta pembangkit untuk menyuplai kebutuhan kelistrikan.

Dengan panjang rangkaian satu lokomotif dan 16 gerbong, maka total tonase KA Kertajaya mencapai 715 ton.

Dari 14 kereta penumpang berjenis ekonomi premium tersebut, kapasitas penumpang yang tersedia mencapai 1.120 tempat duduk.

Posisi tempat duduk kereta Kertajaya ekonomi premium berbeda dengan tempat duduk KA ekonomi lainnya, yang pada umumnya terdiri dari 2 dan 3 baris berhadap-hadapan.

Denah kursi Kereta Api Kertajaya ekonomi premium terdiri dari 2 baris memanjang di sisi kanan dan 2 baris memanjang di sisi kiri.

Posisi duduk berhadap-hadapan hanya ada pada nomor kursi yang terletak di tengah kereta. Sisanya, Posisi tempat duduk kereta Kertajaya ekonomi premium ditempatkan saling membelakangi.

Selama perjalanan, terdapat dua kondektur, dua petugas teknisi kereta api, dua polisi khusus kereta api (polsuska), dan empat petugas on trip cleaning yang akan bertugas melayani penumpang di KA Kertajaya.

Setiap gerbong dilengkapi dengan tempat duduk yang nyaman, toilet, AC, serta colokan listrik untuk mengisi daya handphone atau laptop.

Itulah sekilas review fasilitas hingga denah kursi Kereta Api Kertajaya ekonomi premium. Jadwal Kereta Api Kertajaya Jakarta-Surabaya bisa berubah sewaktu-waktu.

Demikian juga dengan harga tiket Kereta Api Kertajaya premium yang bisa berubah sesuai kebijakan PT KAI. Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman resmi booking.kai.id atau aplikasi KAI Access.

https://money.kompas.com/read/2022/07/14/114459226/review-ka-kertajaya-jadwal-harga-tiket-rute-dan-denah-kursi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke