Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Papua Ekspor 2.533 Kg Ikan Tuna ke Jepang

Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM)  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Jayapura Suardi mengatakan, ekspor ini tidak lepas dari kerja sama KKP dan Pemkab Biak Numfor melalui proses quality assurance kepada PT Indo Numfor.

"Alhamdulillah, kita sama-sama telah menyaksikan ekspor ikan tuna dari Biak ke Jepang. Ekspor ini sekaligus menandai potensi perikanan Bumi Cenderawasih yang begitu luar biasa," kata dia dalam siaran pers, dikutip Jumat (19/8/2022).

Ia berharap, pengiriman ekspor ke negeri Sakura ini menjadi momentum sekaligus stimulus bagi pelaku usaha lain untuk turut melakukan ekspor.

Suardi memastikan, jajaran BKIPM Jayapura selalu siap mendampingi serta melakukan asistensi dari sisi quality assurance agar pelaku usaha di Papua, khususnya di wilayah kerja BKIPM Jayapura bisa menembus pasar internasional.

Adapun, layanan BKIPM di antaranya ialah penerbitan sertifikat hazard analysis and critical control point (HACCP) hingga cara karantina ikan yang baik (CKIB). Sertifikat tersebut menjadi jaminan kualitas dan mutu produk perikanan di pasar internasional.

"Semoga ekspor ini menjadi awal sekaligus inspirasi bagi pelaku usaha lain, dan kami tentu selalu siap untuk mendampingi," imbuh dia.

Sebagai informasi, ekspor tuna ini langsung menjangkau Narita, Jepang.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono berharap, pelaku usaha perikanan mampu bersaing dan eksis di pasar global.

Ia mengintruksikan agar jajarannya memfasilitasi para pelaku usaha perikanan baik dalam pendampingan, sertifikasi, profiling potensi pasar, hingga memperkuat peran sebagai quality assurance dari produk yang dihasilkan pelaku usaha.

https://money.kompas.com/read/2022/08/19/123900726/papua-ekspor-2.533-kg-ikan-tuna-ke-jepang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke