Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mendag Zulhas Klaim Harga Telur Ayam Sudah Mulai Turun

"Memang telur masih tinggi tapi sudah mulai turun. Kemarin saya ke Samarinda itu harganya dari Rp 32.000 sudah Rp 31.000. Saya tanya ngambilnya dari mana? Ambilnya dari Jawa Timur yang dibanderol Rp 27.000," ujarnya saat operasi pasar telur ayam bersama Badan Pangan di Jakarta, Jumat (2/9/2022).

Sementara di DKI Jakarta, harga telur ayam masih dibanderol di kisaran harga Rp 30.000 per kilogram. Oleh karena itu, ia menilai Badan Pangan Nasional perlu melakukan operasi pasar.

Zulhas mengatakan salah satu penyebab harga telur ayam mahal adalah karena permintaanya yang melonjak dari kalangan pengusaha seperti restoran dan warung tegal (warteg).

"Semua warung-warung tegal, restoran sudah normal oleh karenanya permintaan melonjak. Agustus juga gitu, orang banyak pesta, banyak acara. Kemudian juga akibat harga pakan yang sedikit naik tapi sekarang berangsur harganya turun," jelas Zulhas.

Sementara itu, mengutip dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga telur ayam pada Jumat (2/9/2022) Rp 31.300 per kilogram, turun 0,16 persen dibandingkan harga pada Kamis (1/9/2022).

Harga telur ayam sumbang inflasi

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Agustus 2022 terjadi deflasi 0,21 persen secara bulanan. Namun secara tahunan masih terjadi inflasi sebesar 4,69 persen.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, inflasi di periode ini disebabkan oleh kenaikan harga sejumlah komoditas seperti cabai merah, minyak goreng, rokok kretek filter, telur ayam ras, ikan segar, dan bawang merah.

"Pada kelompok bahan makanan kan di Agustus ini masih deflasi ya. Sementara ada 2 komoditas yaitu beras dan telur ayam ras ini yang mengalami inflasi di Agustus 2022," ujarnya saat konferensi pers, Kamis (1/9/2022).

Namun di antara komoditas yang mengalami kenaikan harga tersebut, BPS paling mencermati pergerakan harga beras dan telur ayam ras.

Pasalnya, komoditas beras mengalami inflasi sebesar 0,54 persen secara bulanan karena kenaikan harga gabah sehingga berkontribusi ke inflasi Agustus sebesar 0,016 persen.

https://money.kompas.com/read/2022/09/02/185554226/mendag-zulhas-klaim-harga-telur-ayam-sudah-mulai-turun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke