Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak Proyeksi IHSG Hari Ini

Analis Artha Sekuritas Dennies Christopher menilai, IHSG ditutup menguat dengan rentang yang cukup terbatas di tengah tekanan pasar setelah data ekonomi yang kurang baik berpotensi mendorong The Federal Reserve menaikkan suku bunga lebih tinggi pada tengah pekan nanti.

Tekanan sentimen global tercermin dari pergerakan bursa regional Asia yang melemah. Indeks Nikkei hingga Straits Times ditutup melemah kemarin.

Adapun pada sesi perdagangan Selasa (20/9/2022) hari ini, Dennies memproyeksi, IHSG melemah. Sentimen The Fed masih akan menekan bursa saham nasional.

Secara teknikal, Dennies bilang, candlestick doji pada lower high dan lower low. Ini mengindikasikan potensi pelemahan masih akan belanjut.

“Dari dalam negeri masih minim sentimen dari data ekonomi. Sementara dari global masih ditekan ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed yang masih agresif pada tengah pekan ini,” tutur dia, dalam risetnya, Senin.

Lebih lanjut Ia bilang, IHSG akan bergerak pada rentang support 7.153-7.112. Sementara itu, resistance bergerak pada rentang 7.233-7.272.

Berbeda dengan Dennies, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi, pada sesi perdagangan hari ini IHSG akan bergerak menguat. Menurut dia, harga sejumlah komoditas energi yang masih tinggi akan mendongkrak kinerja indeks saham nasional.

“IHSG saat ini terlihat mulai menunjukkan tanda-tanda potensi untuk mengalami kenaikan di tengah gejolak harga komoditas dan masih berangsur kembalinya kondisi sektor riil ke arah yang lebih baik,” tutur dia.

Hal tersebut dinilai akan menjadi sentimen positif bagi IHSG. Ia pun memproyeksi, pada perdagangan hari ini IHSG akan bergerak pada rentang 7.123-7.273.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

https://money.kompas.com/read/2022/09/20/064000426/simak-proyeksi-ihsg-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke