Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengusaha Muda RI Diimbau Waspadai Imbas Krisis Pangan dan Energi

Ketua Umum BPD HIPMI Jaya Sona Maesana mengatakan, tantangan ekonomi akan terus terjadi. Oleh sebab itu, HIPMI Jaya harus ambil bagian dalam pemulihan ekonomi serta menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Pemerintah sudah buat program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), jadi pengusaha muda juga harus ikut mengambil bagian dalam pemulihan ekonomi,” ujar dia dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (28/10/2022).

Ia menambahkan, saat ini secara global banyak negara yang pertumbuhan ekonominya melambat. Namun demikian, Indonesia patut bersyukur karena saat ini ekonominya tetap tumbuh di atas 5 persen.

Menurut dia, hal ini menandakan Indonesia siap menghadapai tantangan global.

Namun, Sona bilang, pengusaha muda tak boleh lengah, harus waspada, dan optimistis di tengah ketidakpastian. Hal ini lantaran pengusaha diyakini akan tetap terkena dampak yang disebabkan krisis pangan dan energi.

Untuk itu, HIPMI Jaya menggelar Pendidikan dan Pelatihan Daerah (Diklatda) bagi anggotanya. Diklatda HIPMI Jaya 2022 mengusung tema Peran Pengusaha Muda Jakarta dalam Mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional dan Kesiapan dalam Menghadapi Tantang Global.

"Di Diklatda ini kami mendorong pengusaha muda yang tergabung di HIPMI Jaya, khususnya di Jakarta untuk selalu siap dan jeli melihat peluang dan proaktif, jangan sampai hanya jadi penonton saja dalam pemulihan ekonomi ini tapi juga ikut jadi pemain dan pelaku,” urai dia.

Dalam Diklatda akan ada sejumlah sesi materi, yakni organisasi, ekonomi, kebangsaan dan kearifan lokal.


Pada sesi ekonomi pengusaha muda akan mendapatkan wawasan tentang situasi ekonomi global maupun nasional agar bisa membaca peluang.

Kemudian, pada sesi kebangsaan akan diberikan pandangan agar para pengusaha muda tidak hanya berorientasi mencari keuntunggan semata tapi juga memberikan sumbangsih untuk pemulihan ekonomi.

“Kita dorong supaya mereka juga punya semangat jiwa nasionalisme yang tinggi, kami yakin beberkal apa yang kita berikan Diklatda ini bisa menumbuhkan jumlah pengusaha muda yang berkembang," kata dia.

Sona berharap seluruh kader HIPMI terus menjiwai semangat kolaborasi untuk menghadapi situasi post pandemi ini.

"HIPMI Jaya melalui Jaya Collab, Jaya Academy, Jaya Network dan Jaya Capital akan terus berupaya scale up bisnis anggota HIPMI Jaya guna lebih siap dalam menghadapi dinamika ekonomi ke depan," tandas dia.

https://money.kompas.com/read/2022/10/28/083000226/pengusaha-muda-ri-diimbau-waspadai-imbas-krisis-pangan-dan-energi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke