Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Bank Nobu Buka Suara Soal Pembeli Meikarta Minta Pembatalan Kredit | Luhut Ditegur Jokowi Karena Pakai Sepatu Buatan Italia

1. Pembeli Meikarta Minta Pembatalan Kredit, Bank Nobu Buka Suara

PT Bank Nationalnobu Tbk atau Bank Nobu mengungkapkan alasan tidak menyetujui keinginan pembeli Meikarta atau debitur untuk membatalkan dan mengembalikan biaya cicilan unit apartemen Meikarta.

Corporate Secretary Bank Nobu Mario Satrio mengatakan, dalam perjanjian kredit, kredit hanya dapat diakhiri jika pembeli Meikarta sudah melakukan pelunasan atau jika debitur membatalkan jual-beli unit dengan pengembang.

Dengan kata lain, debitur disebut harus melakukan pembatalan jual-beli ke pengembang apartemen Meikarta atau dalam hal ini PT Mahkota Semesta Utama (MSU), jika tidak ingin melanjutkan kreditnya. Itupun dengan konsekuensi yang telah disepakati dalam perjanjian kredit.

"Dengan demikian perjanjian kredit tidak serta merta dapat dibatalkan sepihak," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (13/12/2022).

Selengkapnya baca di sini

2. Menakar Dampak Pencabutan Izin Wanaartha Life dan Pengawasan 13 Perusahaan Asuransi

Langkah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin usaha PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha Life) dan melakukan pengawasan khusus terhadap 13 perusahaan asuransi menimbulkan pertanyaan.

Bagaimana dampak dari dua keputusan OJK tersebut terhadap industri asuransi secara keseluruhan?

Ketua Financial Planning Standards Boards Indonesia (FPSBI) sekaligus pengamat asuransi Tri Djoko Santoso mengatakan, dampak dari dua langkah yang diambil OJK tersebut tidak akan signifikan terhadap industri asuransi.

"Ini menunjukkan pengawasan OJK mulai berjalan baik dan tegas," kata dia kepada Kompas.com, Selasa (13/12/2022).

Selengkapnya baca di sini

3. Harga Emas Antam Naik Rp 15.000 Per Gram, Simak Rinciannya

Harga emas batangan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk melonjak pada Rabu (14/12/2022).

Mengutip laman Logam Mulia, harga emas Antam dibanderol Rp 1.013.000 per gram atau naik Rp 15.000 per gram dibandingkan dengan harga sebelumnya, Rp 998.000 per gram pada Selasa (13/12/2022).

Harga buyback emas Antam juga melesat Rp 15.000 per gram pada level Rp 913.000 per gram.

Buyback adalah harga yang di dapat jika pemegang emas Antam ingin menjual emas batangan tersebut.

Namun, perlu diketahui bahwa harga emas Antam itu adalah yang berlaku di Butik Emas LM, Graha Dipta, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Bisa saja harganya berbeda di gerai penjualan emas Antam lainnya.

Selengkapnya baca di sini

4. OJK Sebut Uang Nasabah Wanaartha Life Bisa Kembali, tapi Tidak Seluruhnya

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan uang nasabah PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha Life) bisa kembali, tetapi tidak seluruhnya.

Kepala Departemen Pengawasan Khusus IKNB OJK Moch. Muchlasin mengatakan hal itu sangat tergantung pada hasil kerja dari tim likuidasi nantinya.

"Iya (bisa kembali) karena dalam pengawasan OJK, proses likuidasi perusahaan memang seperti itu, jadi tergantung pada boedel likuidasinya dan berapa (uang) yang bisa dibagikan," kata dia dikutip dari program B-Talk Kompas TV, Selasa (13/12/2022).

Ia menambahkan, tim likuidasi nantinya akan bertugas melakukan verifikasi dan rekap terhadap Wanaartha Life.

Selengkapnya baca di sini

5. Cerita Luhut Ditegur Jokowi karena Pakai Sepatu Buatan Italia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengaku pernah ditegur oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).Hal itu karena Luhut mengenakan sepatu yang bukan buatan dalam negeri.

"Dulu, saya itu enggak pernah pakai sepatu dalam negeri karena enggak cocok menurut saya. Jadi saya pakai sepatu brand (buatan Italia). Pernah Presiden tegur saya 'Pak Luhut pakai sepatu apa?'. Saya bilang 'Salvatore Ferragamo, Pak'," ujarnya dalam acara Anugerah Bangga Buatan Indonesia (BBI), dikutip Rabu (14/12/2022).

Mendengar jawaban itu, Presiden langsung mengatakan bahwa sepatu yang ia pakai berbeda dengan Luhut. Sebab saat itu Jokowi memakai sepatu buatan lokal.

"Saya pakai anu (merek lokal) kata beliau (Jokowi). Memang sepatu beliau itu pakai dari Nah Project (sepatu merek lokal)," kata Luhut.

Usai "teguran halus" Jokowi itu, Luhut mencari sepatu lokal yang cocok untuk dirinya. Akhirnya, ia pun kepincut sepatu merek lokal yang ia nilai kualitasnya tidak kalah dari buatan luar negeri. 

Selengkapnya baca di sini

https://money.kompas.com/read/2022/12/15/054000026/-populer-money-bank-nobu-buka-suara-soal-pembeli-meikarta-minta-pembatalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke