Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut: 2024 Tidak Ada Proyek Mangkrak, Termasuk 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Indonesia akan tuntas pada tahun 2024.

Hal tersebut disampaikannya usai menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Program Kerja Tahun 2023-2024 di Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jakarta, Rabu (8/2/2023).

"Jadi kita bahas beberapa hal seperti jangan sampai ada proyek yang mangkrak misalnya 5 DPSP. Kita pastikan semua tuntas tahun 2024," kata dia dikutip dari keterangan tertulis Kemenko Marves.

Dia bilang, akan kembali membahas program tersebut di pertemuan berikutnya pada Mei mendatang.

"Nanti bulan Mei setelah puasa akan evaluasi lagi. Jadi dari sekarang sampai bulan Mei akan dilakukan rapat integrasi agar semua ini dapat berjalan," ujar Luhut.

Untuk saat ini, kata Luhut, pembangunan 5 destinasi pariwisata super prioritas tersebut progresnya sesuai jalur yang direncanakan sebelumnya. Adapun 5 DPSP tersebut yakni Borobudur, Likupang, Mandalika, Danau Toba, dan Labuan Bajo.

"Jadi sekarang ini bagaimana program di tahun 2024 kita tuntaskan semua, juga terkait yang harus bisa kita selesaikan misal food estate, sampah, pariwisata, dan lain-lain, supaya betul-betul semua selesai. Ini kita betul-betul integrasikan semuanya," ucapnya.

Dalam pemberitaan Kompas.com, Luhut sebelumnya menyebut, sektor pariwisata adalah sumber pendapatan negara yang sangat besar.

"Kami melihat ini pendapatan (sektor) pariwisata bisa senilai Rp 3.281 triliun dan itu memberikan sumbangan 18 persen kepada PDB," kata dia dalam acara Anugerah Bangga Buatan Indonesia (BBI) di Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Mantan Kepala Staf Kepresidenan itu menuturkan bahwa pemerintah telah berupaya membenahi 5 destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) di Indonesia.

Tujuannya kata Luhut yaitu untuk memikat masyarakat agar berwisata di dalam negeri. Dengan begitu, ekonomi daerah wisata bisa kembali meningkat setelah dihantam pandemi Covid-19.

https://money.kompas.com/read/2023/02/08/205000926/luhut--2024-tidak-ada-proyek-mangkrak-termasuk-5-destinasi-pariwisata-super

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+