Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Cek Rute dan Jadwal KRL Solo-Jogja lewat HP dengan Mudah

Bagi masyarakat yang kerap melakukan perjalanan di dua kawasan itu, informasi terkait jadwal KRL Solo Jogja 2023 menjadi penting untuk diketahui.

Rute KRL Solo-Jogja sendiri berhenti di beberapa stasiun antara lain stasiun Tugu Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo, Brambanan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gawok, Purwosari dan Solo Balapan.

Terbaru, rute KRL Solo-Jogja ditambah sampai dengan Stasiun Palur yang masuk Kabupaten Karanganyar dan Stasiun Solo Jebres yang masih masuk Kota Solo.

Lalu, bagaimana cara cek rute dan jadwal KRL Solo Jogja? 

Layanan informasi rute dan jadwal KRL Solo Jogja dapat diketahui melalui aplikasi dan website resmi. Tentunya, layanan tersebut mendukung calon penumpang untuk memutuskan tempat dan waktu untuk berangkat.

Nah, berikut ini beberapa cara cek rute dan jadwal KRL Solo Jogja dan sebaliknya yang bisa dicoba:

Cara cek rute dan jadwal KRL Solo Jogja

1. Cek rute dan jadwal KRL Solo Jogja via KRL Access

Pertama, cara cek rute dan jadwal KRL Solo Jogja atau jadwal KRL Jogja Solo dapat dilakukan melalui aplikasi KRL Access. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store atau App Store. Berikut langkah-langkahnya:

2. Cek rute dan jadwal KRL Solo Jogja via KAI Access

Kedua, cara cek rute dan jadwal KRL Solo Jogja juga dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access. Berikut caranya:

  • Unduh dan buka aplikasi KAI Access.
  • Daftar atau registrasi menggunakan alamat email.
  • Verifikasi dengan klik URL yang dikirimkan ke email.
  • Login dengan alamat email dan kata sandi.
  • Gulir hingga menemukan menu "KRL".
  • Klik menu "Informasi KRL".
  • Pilih menu "Rute KRL Solo Jogja".
  • Pilih Stasiun Keberangkatan dan Waktu.
  • Informasi KRL terdekat akan tampil.

3. Cek rute dan jadwal KRL Solo Jogja via website

Selanjutnya, untuk mengecek rute KRL Jogja Solo atau KRL Solo Jogja terbaru bisa didapatkan dengan mengunduh file pada website KAI. Berikut langkah-langkahnya:

4. Cek rute dan jadwal KRL Solo Jogja via Google Maps

Terakhir, pengguna KRL dapat mengetahui jadwal KRL Solo Jogja melalui fitur pada Google Maps. Caranya adalah sebagai berikut:

Cara beli tiket KRL Solo Jogja

Cara membeli tiket KRL Solo Jogja sendiri sangat mudah. Naik KRL bisa menggunakan uang elektronik dari bank tanpa membeli tiket lagi di stasiun.

Sementara itu, jika belum memiliki uang elektronik dari bank, maka bisa naik KRL menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) yang merupakan uang elektronik yang diterbitkan oleh PT Kereta Commuter Indonesia.

Calon penumpang KRL dapat membeli perdana KMP di seluruh loket Stasiun KRL dan lokasi lainnya yang bekerja sama dengan PT Kereta Commuter Indonesia, dengan harga berikut:

  • KMT Reguler harga Rp 30.000 termasuk saldo Rp 10.000
  • KMT X-PRESI harga Rp 50.000 termasuk saldo Rp 15.000
  • KMT Special Edition harga Rp 50.000 termasuk saldo 15.000

Jika saldo habis, nantinya penumpang bisa transaksi isi ulang atau top up melalui dua cara, yakni pada vending mesin di stasiun dan seluruh loket di stasiun wilayah PT KCI yang melayani perjalanan KRL.

Adapun pemegang KMT dapat melakukan pengecekan saldo melalui Balance Reader dan Vending Machine yang berada di seluruh stasiun-stasiun KRL PT Kereta Commuter Indonesia serta Aplikasi KRL Access melalui ponsel yang dilengkapi fitur NFC (Near-Field Communication).

Pemegang KMT dapat melakukan pengecekan atas 10 transaksi terakhir KMT melalui Aplikasi KRL Access melalui ponsel yang dilengkapi fitur NFC.

Demikian informasi seputar beberapa cara cek rute dan jadwal KRL Jogja Solo atau KRL Solo Jogja yang dapat diakses dengan mudah. Untuk naik KRL, penumpang bisa menggunakan uang elektronik (e-money) dari bank atau KMT yang diterbitkan PT Kereta Commuter Indonesia. 

https://money.kompas.com/read/2023/02/18/220306926/cara-cek-rute-dan-jadwal-krl-solo-jogja-lewat-hp-dengan-mudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke