Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Karawang Banjir, Kementan Sediakan Mesin Pompa Air dan Benih Gratis untuk Para Petani

KOMPAS.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta para direktur jenderal (dirjen) di Kementerian Pertanian (Kementan) untuk membantu petani yang terdampak banjir di daerah Karawang, Jawa Barat (Jabar).

Seperti diketahui, hujan terus melanda daerah Karawang selama enam hari sehingga membuat air di saluran irigasi meluap dan menggenangi areal persawahan.

"Kami akan turunkan pompa-pompa besar bagi daerah yang masih bisa diselamatkan," ujarnya saat memantau salah satu daerah yang terkena dampak banjir paling parah di Desa Ciptamargi, Cilebar, Karawang, Jabar, Kamis (2/3/2023).

SYL juga mengatakan, Kementan akan mengganti benih padi secara gratis dan mesin pompa air untuk lahan yang terdampak parah.

Dia menyebutkan, musibah banjir bukan sesuatu yang mudah, tetapi jika semua bergerak pasti semua dapat dilalui.

"Dibalik semua bencana pasti ada hikmah yang besar. Saya mewakili pemerintah hadir untuk memberi support kepada bapak ibu," ucapnya dalam siaran pers.

Lebih lanjut, SYL mengatakan, pihaknya akan terus memantau banjir hari per hari melalui Agriculture War Room (AWR) di Jakarta.

"Satu minggu ke depan akan kami pantau. Setelah mulai surut secepatnya kami lakukan tanam ulang," katanya.

Pada kesempatan itu, Asisten II Bidang Perekonomian Kabupaten Karawang Hanafi mengucapkan terima kasih kepada Mentan SYL atas bantuan dan kepedulian yang diberikan.

“Saat ini Karawang memang sudah menetapkan status tanggap darurat banjir,” ujarnya yang mewakili Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Tercatat, ada sebanyak 6.879 hektar (ha) atau setara 51 persen dari luas pertanaman se-Kabupaten Karawang yang tergenang.

Kemudian, ada empat kecamatan yang terdampak paling parah, salah satunya di Kecamatan Cilebar, yakni seluas 2.485 ha.

Hanafi yakin, dukungan pemerintah pusat yang diwakili Kementan dapat memberikan semangat lebih bagi para petani yang terkena musibah.

https://money.kompas.com/read/2023/03/03/193630126/karawang-banjir-kementan-sediakan-mesin-pompa-air-dan-benih-gratis-untuk-para

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke