Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Se-ASEAN Berkumpul di Bali, Bahas Apa?

Adapun perhelatan ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (AFMGM) ini berlangsung selama 28-31 Maret 2023.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo mengatakan, Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia akan menghadirkan sekitar 24 pertemuan yang meliputi pertemuan utama (mulai tingkat Deputi hingga Prinsipal) dan pertemuan pendukung.

"Pertemuan akan berbalut tema Discover Indonesia khususnya mengangkat budaya Sulawesi dan Kalimantan sekaligus menunjukkan giat pariwisata Indonesia," kata Dody dalam media briefing AFMGM, Senin (26/3/2023).

Dody mengatakan, ada tiga prioritas yang diusung dalam perhelatan tersebut yaitu pemulihan ekonomi atau Recovery Rebuilding melalui implementasi bauran kebijakan (policy mix) di negara-negara ASEAN.

Kemudian, upaya mengurangi ketergantungan pada mata uang utama melalui skema Local Currency Transaction (LCT).

"Skema ini merupakan perluasan dari skema sebelumnya Local Currency Settlement (LCS) yang sudah mulai diterapkan antar negara ASEAN," ujarnya.

Lebih lanjut, Dody mengatakan, dalam implementasi ekonomi yang berkelanjutan, negara-negara ASEAN mengembangkan Taxonomy versi kedua untuk menggolongkan kegiatan ekonomi di kawasan.

Hal ini, kata dia, akan menentukan aktivitas-aktivitas yang dapat memperoleh green financing dengan biaya yang lebih murah.

"Taksonomi ini diharapkan bisa diterima dan didukung oleh para Menteri dan Gubernur Bank Sentral pada pertemuan bulan Maret 2023," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2023/03/28/090200626/menteri-keuangan-dan-gubernur-bank-sentral-se-asean-berkumpul-di-bali-bahas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke