Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Survei JobStreet: Admin & HR hingga IT jadi Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari Perusahaan 6 Bulan Terakhir

JAKARTA, KOMPAS.com - JobStreet by Seek melalui laporannya memotret tren rekrutmen, Kompensasi dan Benefit pasar ketenagakerjaan di Indonesia.

Dalam laporan tersebut tercatat ada 5 jenis pekerjaan penuh waktu atau full time yang paling banyak direkrut atau dicari perusahaan selama 6 bulan terakhir yakni Admin & HR, Akutansi, Pengembangan bisnis, Pemasaran atau Marketing, dan Teknologi Informasi (TI).

"Secara persentase jenis pekerjaan penuh waktu atau full time yang paling banyak direkrut atau dicari perusahaan selama 6 bulan adalah Admin atau HR 24 persen, disusul Akutansi 20 persen. Lalu pengembangan bisnis 19 persen, Marketing atau pemasaran 18 persen, dan Teknologi Informasi (TI) 17 persen," ujar Chief Executive Officer (CEO) Asia Seek Peter Bithos kepada Kompas.com beberapa waktu yang lalu.

Kemudian dibeberkan juga jenis pekerjaan yang paling banyak diberhentikan oleh perusahaan selama 6 bulan terakhir, yakni Admin & HR, Transportasi dan Logistik, dan layanan profesional lainnya.

Peter mengatakan, Admin & HR memang merupakan jenis pekerjaan yang paling banyak dicari dan diberhentikan lantaran efek dari pandemi belum selesai atau perusahaan-perusahaan masih tetap terus mencoba untuk bertahan.

"Fungsi pekerjaan yang paling banyak diberhentikan, Admin & HR, juga merupakan posisi paruh waktu terbanyak yang dipekerjakan sementara dan permanen. Transisi ini kemungkinan disebabkan oleh pemotongan biaya atau pengurangaj ketergantungan terhadap pegawai penuh waktu (full time)," katanya.

Sebagai informasi, laporan ini dilakukan dalam periode Juli-Agustus 2022 terhadap 1.162 perusahaan di Indonesia di antaranya perusahaan ritel, perbankan atau keuangan, perusahaan bisnis, dan aneka industri.

https://money.kompas.com/read/2023/05/20/201000626/survei-jobstreet--admin-hr-hingga-it-jadi-pekerjaan-yang-paling-banyak-dicari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke