Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar 10 Daerah dengan Jumlah PNS Terbanyak

JAKARTA, KOMPAS.com - Pegawai negeri sipil (PNS) masih menjadi salah satu jenis pekerjaan yang paling diminati masayarakat indonesia. Hal ini terefleksikan dari jumlah pendaftar CPNS yang terus menembus angka jutaaan setiap kali rekrutmen.

Besarnya minat masyarakat untuk menjadi PNS tidak terlepas dari aspek kesejahteraan. Setiap bulannya, PNS menerima gaji pokok beserta tunjangan lain. Kemudian, PNS juga masih menerima dana pensiun setiap bulan nantinya.

Selain itu, bekerja sebagai pegawai pemerintahan dinilai lebih stabil dari pegawai swasta. Di tengah kondisi yang tidak menentu, pemerintah tidak melakukan perampingan terhadap jumlah PNS di Indonesia.

Oleh karenanya, jumlah peminat PNS masih tetap tinggi setiap tahunnya. Meskipun demikian sebenarnya jumlah PNS di Indonesia tengah berada dalam tren penurunan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah PNS di Indonesia mencapai 3,89 juta pada 2022. Angka ini sebenarnya menyusut dari tahun sebelumnya 3,99 juta.

Jika dilihat berdasarkan daerahnya, PNS paling banyak berada di daerah Jawa Timur dengan 383.805 PNS. Jumlah ini juga menyusut dari tahun sbeelmnya sebanyak 403.754 PNS.

Kemudian posisi kedua daerah dengan PNS terbanyak ditempati oleh Jawa Tengah dengan 354.004 PNS. Jumlah tersebut lebih rendah dari tahun sebelumnya sebesar 367.199 PNS.

Lalu di posisi ketiga terdapat Jawa Barat dengan 344.118 PNS. Sama dengan provinsi-provinsi sebelumnya, jumlah PNS Jawa Barat menyusut dari tahun sebelumnyaa sebesar 344.118 PNS.

Berikut daftar 10 daerah dengan jumlah PNS terbanyak per 2022:

https://money.kompas.com/read/2023/09/12/164000326/daftar-10-daerah-dengan-jumlah-pns-terbanyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke