Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Kepanjangan dari KUD?

KOMPAS.com - Bagi yang belum tahu apa kepanjangan dari KUD, KUD singkatan dari Koperasi Unit Desa. Koperasi ini sempat berjaya di era pemerintahan Orde Baru.

Dikutip dari laman Dinas Koperasi dan UMKM Jateng, KUD adalah lembaga koperasi yang menjadi salah satu penggerak utama dalam ekonomi pedesaan.

KUD sendiri awalnya bermula dari lembaga yang bernama BUUD (Badan Usaha Unit Desa), sebelumnya bernama Koperta, yang dibentuk pada tahun 1963.

Tugas BUUD kala itu adalah menyediakan kebutuhan sembako, terutama beras di pedesaan. KUD juga membantu petani untuk mengolah dan memasarkan hasil produksi pertaniannya.

Beberapa tahun kemudian, BUUD ini kemudian berubah menjadi KUD. Pada awal perkembangannya, koperasi ini tumbuh sangat pesat karena didukung penuh pemerintah Presiden Soehato.

KUD diberikan keistimewaan sebagai distributor pupuk dan benih di pedesaan. Jumlah KUD pun meningkat pesat hingga ribuan.

Namun belakangan menjelang kejatuhan pemerintah Orde Baru, peran KUD ini dipangkas pemerintah di mana distribusi pupuk dan gabah kemudian diserahkan melalui mekanisme pasar melalui Inpres Nomor 18 Tahun 1998

Perlahan peran KUD semakin surut. Jumlahnya pun berkurang karena mengalami kerugian dan pengelolaan yang kurang baik. Pasca-1998, ada lebih dari 5.400 KUD di Tanah Air yang gulung tikar.

https://money.kompas.com/read/2023/09/14/160347726/apa-kepanjangan-dari-kud

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke