Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sudah Dibuka, Ini Cara Buat Akun SSCASN 2023

Seluruh peserta yang akan mengikuti seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) yakni calon pegawai negeri sipil (CPNS) maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), wajib membuat akun baru SSCASN, termasuk bagi pelamar yang pernah mengikuti seleksi sebelumnya.

Pendaftaran akun SSCASN membutuhkan sejumlah data pribadi calon pelamar, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor handphone aktif, dan alamat-email.

Perlu diketahui, akun SSCASN akan dipakai selama proses seleksi CASN, baik CPNS maupun PPPK tahun ini, dari proses pendaftaran hingga pemberkasan bagi peserta lolos.

Lantas, bagaimana cara membuat akun SSCASN 2023?

Cara buat akun SSCASN 2023

Disadur dari laman resmi SSCASN, langkah-langkah pendaftaran akun SSCASN 2023 sebagai berikut:

Dalam pembuatan akun SSCASN, proses validasi data kependudukan berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Telah ditegaskan bahwa satu NIK, hanya bisa digunakan untuk satu akun. Jika ada penggunaan dua atau lebih NIK yang berbeda pada pelamar seleksi CASN, maka dianggap gugur dan/atau dapat dikenakan sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam seleksi CASN 2023, pelamar hanya bisa mendaftar pada satu jenis seleksi pada satu jabatan sesuai kualifikasi pendidikan yang disyaratkan.

https://money.kompas.com/read/2023/09/20/202900326/sudah-dibuka-ini-cara-buat-akun-sscasn-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke