Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Keuntungan dan Kerugian Menaikkan Limit Kartu Kredit, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda membayar tagihan kartu kredit tepat waktu setiap bulannya? Jika ya, mungkin sekarang saatnya menaikkan limit kartu kredit Anda.

Menaikkan limit kartu kredit dapat memberi Anda daya beli yang lebih tinggi, namun hal ini mungkin menimbulkan beberapa konsekuensi yang tidak diinginkan pada kondisi keuangan Anda.

Dikutip dari Real Simple, Senin (25/9/2023),jangan langsung spontan menaikkan limit kartu kredit. Sebelum memutuskan, ada baiknya mengetahui keuntungan dan kerugian menaikkan limit kartu kredit.

Keuntungan menaikkan limit kartu kredit

Ada beberapa keuntungan menaikkan limit kartu kredit yang dapat Anda nikmati, berikut di antaranya.

1. Peningkatan daya beli

Ini mungkin alasan Anda meminta menaikkan limit kartu kredit, misalnya untuk liburan atau pembelian besar lainnya yang Anda incar, atau karena Anda sering mendekati limit tersebut, meskipun Anda membayarnya tepat waktu setiap bulan.

2. Berpengaruh ke skor kredit

Salah satu bagian dari penghitungan skor kredit adalah persentase keseluruhan kredit yang Anda gunakan, yang disebut pemanfaatan kredit. Jika nilainya rendah, skor kredit naik.

Jika Anda tetap menggunakan tingkat penggunaan yang sama, kemungkinan besar skor kredit akan jauh lebih rendah.

“Peningkatan limit kartu kredit dapat membantu Anda menurunkan penggunaan kredit, dan karenanya meningkatkan kredit Anda,” kata Colleen McCreary, chief people officer di Credit Karma.

Kerugian menaikkan limit kartu kredit

Di samping keuntungan, ada pula kerugian menaikkan limit kartu kredit yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa di antaranya.

1. Penurunan skor kredit

Menaikkan limit kartu kredit kemungkinan dapat menurunkan skor kredit Anda untuk sementara, yang bisa menjadi masalah jika Anda ingin mengambil utang lain dalam waktu dekat.

“(Pertanyaan) penting mungkin adalah apakah penerbit kartu Anda perlu melakukan penyelidikan mendalam terhadap kredit Anda untuk menentukan kelayakan Anda,” sebut McCreary.

2. Lebih banyak ruang untuk terjerumus ke dalam masalah utang

Peningkatan limit kartu kredit dapat memberi Anda lebih banyak peluang untuk membiayai gaya hidup yang tidak mampu Anda bayar, dan potensi utang yang lebih besar.

"Jika Anda tidak yakin bahwa Anda tidak akan mengeluarkan uang melebihi kemampuan Anda untuk melunasinya, dan/atau Anda memiliki utang lain yang belum dibayar, mungkin tidak bijaksana untuk meningkatkan limit kartu kredit Anda,” jelas McCreary.

Kemungkinannya adalah, jika Anda diberi kenaikan limit kartu kredit, Anda adalah tipe orang yang sangat bertanggung jawab dengan kredit Anda, dan tidak memiliki utang dalam jumlah besar.

Jadi, jika Anda dapat melanjutkan cara yang bertanggung jawab, peningkatan limit kartu kredit tidak akan merugikan Anda.

Cara menaikkan limit kartu kredit

Anda harus menghubungi perusahaan kartu kredit Anda untuk memulai proses dan mengajukan permintaan Anda. Berikut cara menaikkan limit kartu kredit.

1. Siapkan informasi yang diperlukan

Bank atau perusahaan kartu kredit memerlukan sejumlah informasi dari Anda untuk membuat keputusan, jadi pastikan Anda memiliki semua yang mereka butuhkan.

“Mereka mungkin ingin mengetahui pendapatan tahunan Anda saat ini, status pekerjaan, dan potensi utang atau kewajiban pembayaran yang belum dibayar, seperti berapa banyak Anda membayar untuk KPR setiap bulannya,” terang McCreary.

2. Atur waktu dengan tepat

Untuk memaksimalkan kemungkinan jawaban ya atas permintaan Anda, cobalah bertanya kapan situasi keuangan Anda bagus. Misalkan, Anda baru saja mendapatkan promosi atau kenaikan gaji, atau Anda akhirnya melunasi kredit mobil.

McCreary menyarankan untuk bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini, seperti “Apakah kredit Anda bereputasi baik? Sudah berapa lama Anda memiliki kartu tersebut? Apakah penghasilan Anda berubah?”

3. Ketahui berapa banyak yang Anda butuhkan dan mengapa

Pikirkan seberapa besar peningkatan limit kartu kredit akan membantu Anda, dan dapatkan jawaban yang tepat mengapa Anda membutuhkannya.

"Mungkin Anda akan mengadakan acara besar yang mengharuskan Anda mengeluarkan lebih banyak uang, seperti pernikahan atau melengkapi rumah, atau mungkin inflasi menyebabkan Anda mengeluarkan lebih banyak pengeluaran untuk kebutuhan seperti bahan makanan dan bahan bakar,” tutur McCreary.

4. Bersiaplah untuk penolakan

Jika permintaan limit kartu kredit Anda ditolak, tanyakan alasannya.

“Kemudian Anda dapat berupaya mengatur keuangan Anda agar memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan persetujuan,” terang McCreary.

Bagaimana jika bank menaikkan limit kartu kredit tanpa permintaan Anda?

Sangat menyenangkan ketika Anda menerima telepon atau e-mail dari perusahaan kartu kredit yang mengatakan bahwa Anda menerima kenaikan limit kartu kredit.

“Jika perusahaan kartu kredit Anda menaikkan batas kredit Anda, itu adalah hal yang baik karena kemungkinan besar Anda telah membayar tagihan tepat waktu setiap bulannya dan telah mengelola kartu kredit secara bertanggung jawab,” kata McCreary.

“Dalam hal ini, Anda bahkan dapat meningkatkan skor kredit karena penggunaan kredit Anda akan turun jika Anda mempertahankan jumlah penggunaan kredit yang sama," imbuh dia.

Namun, jika Anda khawatir kenaikan limit kartu kredit tersebut mungkin terlalu menggiurkan, Anda dapat menelepon untuk meminta penurunan batas kredit.

“Jika Anda kesulitan mempertahankan anggaran dan batas yang lebih tinggi mungkin menggoda Anda untuk mengeluarkan uang terlalu banyak, mungkin masuk akal bagi Anda untuk membicarakan dengan perusahaan kartu kredit tentang cara mempertahankan batas yang lebih rendah,” saran McCreary.

Tetapi jangan berasumsi bahwa itu adalah keputusan yang tepat. Bicaralah dengan bank atau penerbit kartu kredit untuk mengetahui apa yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda, ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2023/09/25/072600626/keuntungan-dan-kerugian-menaikkan-limit-kartu-kredit-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke