Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pendaftar CPNS dan PPPK 2023 Tembus 2,4 Juta, Ini Rinciannya

Terhitung jumlah pelamar yang mendaftar di portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) mencapai 2.409.882 orang.

Dari total pendaftar tersebut, tercatat sebanyak 945.404 orang melamar formasi CPNS 2023.

Sementara itu, pelamar formasi PPPK terdiri atas 439.020 pelamar PPPK Guru, 388.145 pelamar PPPK Tenaga Kesehatan, dan 637.313 pelamar PPPK Tenaga Teknis.

“Pelamar yang telah berhasil menyelesaikan pendaftaran mulai hari ini sudah bisa mencetak kartu pendaftaran di portal SSCASN. Selanjutnya pelamar tinggal menunggu hasil seleksi administrasi karena verifikasi dari masing-masing instansi sudah berjalan paralel sejak pendaftaran dibuka,” kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (12/8/2023).

Instansi pusat yang mendapat pelamar CPNS terbanyak adalah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sebanyak 231.109 pelamar.

Sementara itu, instansi dengan pelamar PPPK Guru terbanyak yaitu Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan 10.155 orang, instansi dengan pelamar PPPK Tenaga Kesehatan terbanyak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan 12.605 pelamar.

Tercatat, instansi dengan pelamar PPPK Teknis terbanyak yaitu Kementerian Agama (Kemenag) dengan 126.436 pelamar. 

Pengumuman seleksi administrasi

Merujuk penyesuaian jadwal seleksi CASN 2023 terbaru yang dirilis pada 9 Oktober lalu, pengumuman hasil seleksi administrasi akan dilaksanakan mulai 15 Oktober 2023.

Setelah pengumuman hasil administrasi, akan ada masa sanggah dan jawab sanggah hingga 23 Oktober mendatang.

Masa sanggah bisa dimanfaatkan oleh peserta yang keberatan dengan hasil administrasinya, dengan melakukan penyanggahan secara online melalui laman SSCASN dengan penjelasan dan bukti pendukung.

“Perlu diketahui juga kalau masa sanggah bukan kesempatan memperbaiki berkas atau data yang salah diinput oleh pelamar, tetapi kesempatan untuk menyatakan bahwa data yang diinput sudah benar tetapi ada yang terlewat oleh verifikator instansi mengingat banyaknya pelamar yang mendaftar,” papar Suharmen.

Adapun masa sanggah akan berlangsung selama 3 hari, di mana setiap instansi wajib mengumumkan kembali hasil administrasi setelah masa sanggah berlangsung.

Nantinya, hasil seleksi administrasi setelah masa sanggah ini akan diumumkan melalui laman resmi masing-masing instansi.

Lebih lanjut, jadwal CPNS 2023 terbaru yang berlaku setelah adanya penyesuaian perpanjangan pendaftaran sebagai berikut:

https://money.kompas.com/read/2023/10/12/134844426/pendaftar-cpns-dan-pppk-2023-tembus-24-juta-ini-rinciannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke