Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

HMSP Pasang 10.550 Panel Surya di Fasilitas Produksi di Pasuruan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) meresmikan 10.550 panel surya yang dipasang di atas tanah (ground-mounted solar panel) di kawasan fasilitas produksinya di Pasuruan, Jawa Timur.

Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya Sampoerna untuk mencapai target netralitas karbon di fasilitas produksinya pada tahun 2025.

Panel surya tersebut terpasang di area seluas 7 hektar dengan kapasitas listrik sebesar 7 Megawatt peak (MWp) atau setara dengan daya yang dibutuhkan untuk mengaliri lebih dari 12.000 rumah sederhana. Inisiatif ini juga disertai dengan penanaman 999 pohon di area pabrik Sampoerna di Pasuruan.

Inisiatif ini merupakan wujud nyata komitmen Sampoerna terhadap keberlanjutan lingkungan dalam rangka menciptakan nilai secara berkelanjutan di Indonesia.

Ini sejalan dengan prioritas pemerintah Indonesia dalam rangka mewujudkan transformasi ekonomi hijau, antara lain melalui pencapaian net zero emissions dan pembangunan rendah karbon pada 2060.

Presiden Direktur Sampoerna Vassilis Gkatzelis menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Indonesia atas upaya-upaya Pemerintah dalam mengatasi perubahan iklim serta dukungan dan kolaborasi dengan pihak swasta.

"Kami berharap inisiatif keberlanjutan kami dapat berkontribusi terhadap prioritas Pemerintah Indonesia dalam mewujudkan transformasi ekonomi hijau, khususnya pencapaian net zero emissions dan mengurangi dampak lingkungan secara umum,” ujar Vassilis dalam keterangannya, Rabu (6/12/2023).

Vassilis mengatakan, Sampoerna menempatkan keberlanjutan sebagai bagian utama dari visi perusahaan untuk menciptakan nilai tambah di Indonesia.


Di berbagai provinsi yang tersebar di pulau Jawa, Sampoerna memiliki tujuh fasilitas produksi yang dioperasikan secara langsung termasuk pabrik produk bebas asap di Karawang.

“Kami berupaya mencapai target karbon netral di seluruh fasilitas produksi pada 2025,” paparnya.

Panel surya di Pasuruan ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung pencapaian tersebut. Pengoperasian panel surya yang akan dikombinasikan dengan boiler biomassa ini dapat mengurangi emisi lingkup-1 (gas alam) sekitar 67 persen dan mengurangi emisi lingkup-2 (listrik) sekitar 24 persen.

Sebelumnya, Sampoerna telah menggunakan sumber energi ramah lingkungan yang bersumber dari penggunaan panel surya sejak 2017 bagi fasilitas produksinya di Surabaya, Malang, dan Karawang serta pembangkit listrik terbarukan PLN.

Sebagai hasilnya, pada tahun 2022, seluruh pasokan listrik untuk fasilitas produksi Sampoerna sepenuhnya alias 100 persen berasal dari energi bersih.

https://money.kompas.com/read/2023/12/06/184647826/hmsp-pasang-10550-panel-surya-di-fasilitas-produksi-di-pasuruan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke