Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sejumlah Emiten Siap Tebar Dividen Interim, Ini Rekomendasi Analis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah emiten masih ramai membagi dividen interim jelang tutup tahun 2023. Emiten yang akan menebar dividen interim datang dari berbagai sektor.

Kita bisa mulai dari perusahaan batubara PT Bayan Resources Tbk (BYAN) yang akan menebar 500 juta dollar AS, setara 0,015 dollar AS per saham sebagai interim. Cum dividen di pasar reguler dan pasar negosiasi berlangsung pada 15 Desember 2023.

Kemudian ada, PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS). Emiten batubara Grup Sinarmas ini bakal membagi dividen interim kedua setara Rp 1,39 triliun atau Rp 237,52 per saham. Cum dividen dijadwalkan pada 13 Desember 2023.

Lalu, duo emiten menara yakni PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) juga siap menebar dividen akhir tahun. TBIG akan membayarkan dividen interim Rp 25 per saham, dengan cum dividen pasar reguler dan negosiasi pada 12 Desember 2023.

Sedangkan TOWR bakal membagi dividen interim sebesar Rp 6 per saham, dengan masa cum dividen pada 14 Desember 2023.

Kemudian, dari sektor keuangan ada PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) yang akan membayar sebesar Rp 28 per saham, dengan cum dividen para 13 Desember 2023.

Selain emiten dengan skala market cap menengah-jumbo di atas, ada pula PT Pulau Subur Tbk (PTPS). Emiten sawit yang baru listing pada 9 Oktober 2023 ini bakal mengucurkan Rp 2,6 miliar atau Rp 1,2 per saham sebagai dividen interim. Cum date akan berlangsung pada 15 Desember 2023.

Ratih Mustikoningsih, Financial Expert Ajaib Sekuritas, mengamati secara historis periode akhir tahun biasanya menjadi momentum pembagian dividen interim.

"Hal tersebut sebagai cerminan solidnya kinerja emiten hingga kuartal III-2023," kata Ratih kepada Kontan.co.id, Minggu (10/12/2023).

Musim pembagian dividen interim pada penghujung tahun bisa menjadi pemanis bagi pergerakan saham emiten tersebut maupun Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), sejalan dengan momentum windows dressing.

Hanya saja, kontribusi pembagian dividen interim terhadap pasar ekuitas tidak begitu signifikan.

Ratih bilang, pergerakan IHSG lebih dominan terpapar oleh sentimen dari kondisi makro ekonomi domestik maupun global.

Kepala Riset FAC Sekuritas Indonesia Wisnu Prambudi Wibowo sepakat, tren menanjak IHSG yang saat ini sudah menembus level 7.159,59 setidaknya dipengaruhi oleh tiga sentimen dominan.

Katalis pendongkrak IHSG di akhir tahun 2023 adalah penguatan nilai tukar rupiah, terjadinya windows dressing dan santa claus rally, serta didorong oleh menguatnya saham-saham milik taipan Prajogo Pangestu yang kini punya bobot cukup besar terhadap IHSG.

Sedangkan soal pembagian dividen interim, Wisnu memandang respons pasar akan beragam terhadap masing-masing emiten.

"Saya kira yang perlu dicermati adalah seberapa besar dividend yield-nya, tren harga saham saat ini, dan tentu saja katalis pengiringnya," terang Wisnu.

Head of Equity Research Kiwoom Sekuritas Indonesia Sukarno Alatas mengamini, respons investor bakal beragam, meski biasanya berdampak positif dengan kenaikan harga menjelang cum date. Selain seberapa menarik Dividen Payout Ratio (DPR) dan dividen yield-nya, investor akan mempertimbangkan kinerja keuangan emiten dan sentimen pasar.

Namun secara umum, Sukarno menilai pembagian dividen interim akhir tahun ini sudah sesuai ekspektasi. "Jumlah emiten yang membagikan dividen interim tahun ini sebagian relatif sama dengan tahun-tahun sebelumnya," imbuh Sukarno.

Di antara saham-saham akan cum date pekan ini, Sukarno menyoroti GEMS dan BFIN yang dinilai punya DPR dan dividen yield menarik, masing-masing 3,82 persen dan 2,51 persen. Sebagai pertimbangan trading buy, Sukarno menyodorkan GEMS, BFIN, dan TOWR memanfaatkan momentum menjelang cum date.

Ratih turut mengamati GEMS yang memiliki dividend yield 3,7 persen dan DPR sebesar 23,3 persen dari laba bersih per September 2023.

"Emiten sektor batubara, seperti GEMS biasanya memiliki yield yang lebih tinggi dibandingkan sektor lainnya," ungkap Ratih.

Secara teknikal, Ratih menjagokan GEMS dan BFIN. Berikut trading plan yang direkomendasikan oleh Ratih.

  • GEMS: Buy di area Rp 6.275 dengan target harga pada resistance di level Rp 6.525 serta pertimbangkan cut loss apabila break support di level harga Rp 6.000.
  • BFIN: Buy di area Rp 1.125 dengan target harga pada resistance di level Rp 1.175 serta pertimbangkan cut loss apabila break support di level harga Rp 1.090.

(Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli)

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Sejumlah Emiten Ini Siap Tebar Dividen Interim dan Cermati Rekomendasi Analis

https://money.kompas.com/read/2023/12/11/061500226/sejumlah-emiten-siap-tebar-dividen-interim-ini-rekomendasi-analis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke