Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Faktor Produksi Paling Utama Menurut Pendekatan Secara Ekonomi

KOMPAS.com - Faktor produksi paling utama menurut pendekatan secara ekonomi adalah material berupa sumber daya alam. Setidaknya ada 4 jenis faktor produksi.

Mengutip Buku Teori Ekonomi Mikro yang ditulis Sunarno Sastro Atmodjo, Andy Sukrisno, dan Eka Susilowati (2021), tanah atau sumber daya alam adalah faktor produksi utama.

Kendatin demikian, faktor produksi lainnya juga tak kalah penting seperti manusia (tenaga kerja), modal (capital), dan kewirausahaan (entepreneurship).

Tanah, sebagai faktor produksi, merujuk pada semua sumber daya alam yang digunakan dalam proses produksi. Ini termasuk bukan hanya tanah pertanian, tetapi juga sumber daya alam lainnya yang dapat ditemukan di alam.

Tanah sebagai faktor produksi

Berikut adalah beberapa contoh peran tanah sebagai faktor produksi:

1. Pertanian

Tanah digunakan sebagai tempat untuk menanam tanaman dan mengembangkan kegiatan pertanian. Lahan pertanian yang subur mendukung pertumbuhan tanaman pangan, sayuran, dan buah-buahan.

2. Pertambangan

Sumber daya alam seperti logam, batu bara, minyak, dan gas alam ditemukan di dalam tanah. Tanah berperan sebagai tempat pengeboran dan ekstraksi untuk memperoleh sumber daya mineral dan energi.

3. Kehutanan

Hutan tumbuh di atas tanah dan menyediakan kayu, serat, dan berbagai produk hutan lainnya. Tanah juga berperan dalam memelihara ekosistem hutan dan mendukung keanekaragaman hayati.

4. Pembangunan

Tanah digunakan untuk membangun fasilitas-fasilitas seperti rumah, perkantoran, pabrik, dan infrastruktur lainnya. Tanah di perkotaan menjadi kritis untuk pengembangan kawasan pemukiman dan komersial.

5. Pertanian perkotaan

Tanah digunakan untuk kegiatan pertanian perkotaan, seperti kebun sayur vertikal atau lahan pertanian di perkotaan. Ini mendukung produksi makanan lokal dan berkontribusi pada ketahanan pangan.

6. Energi terbarukan

Tanah dapat digunakan untuk membangun fasilitas energi terbarukan, seperti pembangkit listrik tenaga angin atau surya. Ini melibatkan penggunaan tanah untuk penempatan turbin angin atau panel surya.

Tanah sebagai faktor produksi memainkan peran penting dalam menyediakan sumber daya alam yang mendukung berbagai sektor ekonomi.

Pemeliharaan dan pengelolaan yang berkelanjutan terhadap tanah sangat penting untuk menjaga keberlanjutan ekosistem dan memastikan ketersediaan sumber daya untuk generasi mendatang.

Tentang faktor produksi

Faktor produksi adalah masukan atau input yang diperlukan untuk memproduksi suatu barang atau jasa yang bernilai ekonomi.

Ada 4 faktor produksi utama meliputi tanah, tenaga kerja, kewirausahaan, dan modal. Faktor produksi turunan adalah teknologi dan inovasi.

Menurut paham kapitalisme, di banyak negara faktor produksi paling banyak dikendalikan oleh pemilik usaha dan investor. Itu sebabnya, individu yang banyak mengendalikan faktor produksi tentunya paling banyak menikmati keuntungan.

Sementara dalam sistem ekonomi sosialisme, negara lebih banyak memegang kendali faktor-faktor produksi. Sehingga hasilnya kemudian sebagian besar dibagi merata ke seluruh rakyat.

Kesimpulannya, faktor produksi paling utama menurut pendekatan secara ekonomi adalah sumber daya alam dalam bentuk tanah atau material.

https://money.kompas.com/read/2023/12/15/111852726/faktor-produksi-paling-utama-menurut-pendekatan-secara-ekonomi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke