Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Sejarah KA Argo Parahyangan | Daftar Pejabat BUMN yang Mundur demi Dukung Capres

1. Sejarah KA Argo Parahyangan yang Kini Jadwalnya Berkurang Drastis

PT Kereta Api Indonesia (Persero) membenarkan kalau ada pengurangan jadwal Kereta Api (KA) Argo Parahyangan relasi Gambir (Jakarta) ke Kota Bandung per Januari 2024.

Menurut keterangan KAI, jumlah perjalanan KA Argo Parahyangan sebelumnya mencapai 14 perjalanan dalam sehari. Namun pada tahun 2024 berkurang menyisakan 6 perjalanan sehari untuk rute Stasiun Gambir-Bandung dan sebaliknya.

Banyak yang beranggapan, jumlah frekuensi keberangkatan KA Argo Parahyangan yang dipangkas lebih dari separuh ini berkaitan dengan beroperasinya Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) atau Kereta Cepat Whoosh.

Nah, bagaimana sejarah KA Argo Parahyangan hingga kini? Simak selengkapnya di sini.

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sendiri menargetkan jumlah penumpang Whoosh bisa tembus 30 ribu penumpang per hari. Namun sampai saat ini, secara rata-rata angkanya masih jauh di bawah target.

KCIC mengklaim tingkat okupansi Whoosh masih di atas 50 persen yaitu sekitar 60-70 persen di hari kerja. Meski diakui jumlah itu masih belum mencapai target yang diharapkan.

Mengapa jumlah penumpang Whoosh belum capai target? Cek selengkapnya di tautan ini.

3. Harga BBM Pertamina di Februari Tak Naik, Erick Thohir: Jaga Daya Beli Masyarakat

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menanggapi langkah PT Pertamina (Persero) yang tidak melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) pada Februari 2024.

Sebagai informasi, Pertamina menjadi satu-satunya badan usaha penyedia BBM yang tidak menaikkan harga BBM pada awal Februari 2024.

Erick mengatakan, pemerintah mendukung keputusan Pertamina untuk tidak menaikkan harga BBM non subsidi, walaupun harga di SPBU kompetitor lain sudah naik.

"Keputusan Pertamina tidak menaikkan harga BBM tentu baik untuk menjaga stabilitas dan juga daya beli masyarakat," kata dia, dalam keterangannya, Sabtu (3/2/2024).

Selengkapnya, silakan baca di sini.

4. KCIC Bantah Whoosh Sepi: Buktinya, Okupansi Pagi Sampai 98 Persen...

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membantah kabar yang menyebutkan perjalanan kereta Whoosh sepi penumpang.

Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengklaim minat masyarakat menggunakan Kereta Cepat Whoosh masih tetap positif sampai saat ini. Hal ini dibuktikan dari okupansi pada sejumlah jadwal kereta di pagi hari mencapai hingga 98 persen per kereta.

Sementara secara keseluruhan, rata-rata okupansi Kereta Cepat Whoosh masih di atas 60 persen.

Selengkapnya, silakan cek tautan berikut ini.

5. Deretan Pejabat BUMN yang Rela Mundur Demi Dukung Capres-Cawapres di Pilpres 2024

Sejumlah pejabat badan usaha milik negara (BUMN) mengundurkan diri dari jabatannya karena aktif terlibat dalam kegiatan pemilihan umum (pemilu) 2024.

Sejumlah pejabat BUMN ini mengundurkan diri dengan sukarela. Sebab jika tidak, Kementerian BUMN telah mewanti-wanti akan mencopot para pejabat yang terlibat aktif dalam kegiatan Pemilu.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga sebelumnya mengatakan, pihaknya berharap para pejabat BUMN yang bergabung ke tim pemenangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) untuk berinisiatif melakukan pengunduran diri.

Siapa saja pejabat BUMN yang mundur demi dukung capres-cawapres pada Pemilu 2024? Silakan cek di sini.

https://money.kompas.com/read/2024/02/05/060000026/-populer-money-sejarah-ka-argo-parahyangan-daftar-pejabat-bumn-yang-mundur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke