Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

RI Mimpi Jadi Negara Maju, ESDM: Energi Bersih Menjadi Hal Mutlak

"Di masa depan, penggunaan energi bersih tentu akan menjadi hal mutlak yang harus dilakukan oleh negara maju, sehngga transisi energi menjadi sebuah kebutuhan bagi Indonesia," kata Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, dalam Dikusi Publik bertajuk 'Diskografi Ekonomi Vol.01: Menuju Transisi Energi Berkelanjutan' di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (6/3/2024).

Dadan mengatakan, pemanfaatan EBT sebagai indikator negara maju merupakan suatu indikator "baru". Ia bilang, saat ini berbagai pihak sudah mempertanyakan aspek keberlanjutan dalam pembangunan infrastruktur, termasuk energi.

Adapun Indonesia disebut terus melakukan pengembangan pemanfaatan EBT. Dadan bilang, Indonesia tidak bergantung terhadap satu sumber energi bersih, mengingat besarnya potensi yang ada di Tanah Air.

"Dulu kita mencoba sumber energi dari tenaga angin tapi kita belum berhasil. Kita terus mencoba sumber EBT yang lain, karena jika melakukan transisi energi dengan mengandalkan satu sumber EBT tentu tidak bisa," tuturnya.

Indonesia dinilai beruntung memiliki berbagai macam sumber potensi EBT. Berdasarkan data Kementerian ESDM, potensi EBT di Indonesia mencapai 3.687 gigawatt (GW).

"Dengan menggunakan EBT, nantinya Indonesia akan menjadi negara maju yang menggunakan energi bersih dan berkelanjutan," ujar Dadan.

Transisi energi yang dilakukan pemerintah juga disebut sebagai bagian dari meningkatkan daya saing Indonesia.

"Daya saing enggak boleh turun. Daya saing dipengaruhi bagaimana kita mengelola, memproses sumber daya alam yang kita punya," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2024/03/06/224200326/ri-mimpi-jadi-negara-maju-esdm--energi-bersih-menjadi-hal-mutlak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke