Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BSI Proyeksikan Pertumbuhan Kredit Kendaraan Jelang Ramadhan 2024

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI memproyeksikan pertumbuhan kredit kendaraan bermotor (KKB) menjelang Ramadhan 2024.

Direktur Penjualan dan Distribusi BSI Anton Sukarna mengatakan, pertumbuhan kredit BSI menjelang Ramadhan ditopang oleh pembiayaan konsumer.

"Kalau BSI secara umum yang tumbuh secara signifikan masih di sektor konsumer. Apalagi sekarang menjelang Lebaran, apalagi ada GIIAS, itu jadi insentif untuk masyarakat triggered membeli barang," kata dia saat ditemui di Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Ia menambahkan, sektor pembiayaan yang ramai menjelang Ramadhan adalah kredit multiguna, kredit kendaraan bermotor (KKB), dan kredit pemilikan rumah (KPR).

"Kalau (kredit) rumah itu biasanya dia trennya tetap ada, stabil," imbuh dia.

Adapun, permintaan untuk KPR juga dipengaruhi masih berlakunya Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Ditanggung Pemerintah (DTP).

"Insentif pajak itu mendorong penjualan, karena orang Indonesia itu obstacle-nya adalah uang di muka baik DP maupun pajak," jelas dia.

Anton yakin ketika terdapat insentif tersebut, maka pembelian masyarakat dapat terdorong.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno menuturkan, potensi untuk perusahaan pembiayaan tidak hanya datang dari kendaraan baru, tetapi juga kendaraan bekas.

Ia menambahkan, ketika Idul Fitri banyak orang yang ingin pulang kampung. Belum lagi keinginan tersebut didukung dengan adanya infrastruktur yang lebih baik.

Menurut Suwandi, beberapa masyarakat sebenarnya sudah memiliki kendaraan, tetapi ketika Ramadhan masyarakat memiliki keinginan untuk tukar tambah dengan unit yang baru.
"Ini fenomena yang pasti terjadi, dan menjelang Lebaran dealer juga mengadakan promo-promo. Ini adalah potensi pembiayaan," imbuh dia.

https://money.kompas.com/read/2024/03/08/134200426/bsi-proyeksikan-pertumbuhan-kredit-kendaraan-jelang-ramadhan-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke