Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Tips Investasi Kripto untuk Pemula agar Tak Rugi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cryptocurrency atau aset kripto kini semakin dilirik sebagai salah satu instrumen investasi. Meskipun menawarkan potensi keuntungan yang menggirukan, namun investasi kripto juga memiliki risiko.

Oleh karena itu, penting bagi calon investor kripto memiliki pemahaman yang kuat tentang strategi investasi kripto.

Dikutip dari US News, Selasa (2/4/2024), berikut beberapa tips investasi kripto untuk pemula agar tidak rugi.

1. Prioritaskan likuiditas

Menurut Nigel Green, CEO dan pendiri deVere Group, likuiditas menjadi faktor penting dalam memilih aset kripto untuk diinvestasikan. Seiring dengan peluncuran ETF Bitcoin spot baru, diharapkan likuiditas bitcoin akan meningkat secara signifikan.

Likuiditas yang tinggi akan membantu mengurangi volatilitas harga, sehingga meningkatkan stabilitas keseluruhan pasar aset kripto.

"Peningkatan aksesibilitas kemungkinan akan berkontribusi pada likuiditas yang lebih tinggi di pasar Bitcoin, mengurangi volatilitas harga, dan meningkatkan stabilitas keseluruhan dari aset kripto," kata Green.

2. Mengendalikan emosi

Emosi dapat menjadi musuh terbesar seorang investor. Kontrol emosi Anda dalam menghadapi fluktuasi pasar sangat penting.

Hindari keputusan yang didasarkan pada emosi, dan sebaliknya, pertimbangkan untuk memberikan jeda sebelum melakukan transaksi.


Dengan tetap tenang dan rasional, Anda dapat menghindari membuat keputusan impulsif yang merugikan.

Dengan memahami risiko yang terkait, Anda dapat mengelola ekspektasi dan mengurangi tekanan finansial yang tidak perlu.

4. Lakukan diversifikasi

Diversifikasi portofolio adalah kunci untuk mengurangi risiko investasi. Selain membeli aset kripto, pertimbangkan untuk menginvestasikan dalam saham penambangan kripto dan perusahaan yang mengembangkan teknologi blockchain.

Dengan mendiversifikasi portofolio, Anda dapat meminimalkan paparan terhadap risiko tertentu dan meningkatkan peluang keuntungan jangka panjang.

5. Tetap pada strategi Anda

Yang terakhir, tetaplah disiplin dengan strategi investasi Anda. Dengan mempertahankan fokus pada tujuan investasi Anda dan menghindari godaan untuk menyimpang dari rencana awal, Anda dapat meningkatkan peluang kesuksesan jangka panjang.


https://money.kompas.com/read/2024/04/02/205745926/catat-tips-investasi-kripto-untuk-pemula-agar-tak-rugi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke