Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BPJPH Beri Sertifikat Halal Seumur Hidup ke Dunkin'

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Penyelenggara Jaminan Produk HALAL (BPJPH) memberikan sertifikat halal yang berlaku seumur hidup ke PT Dunkindo Lestari selaku pemegang lisensi waralaba Dunkin' di Indonesia.

Artinya, sertifikat halal dari BPJPH 2024 akan tetap berlaku sepanjang tidak terdapat perubahan komposisi bahan dan atau proses produk halal di Dunkin'.

General Manager PT Dunkindo Lestari, Dicky Mulyana mengatakan, pemberian sertifikat halal ini melanjutkan sertifikasi halal untuk Dunkin' yang sudah dikantongi sejak 1997.

Ia membeberkan, proses audit dilakukan sekitar 3 bulan secara menyeluruh oleh Tim Audit dari LPH Surveyor Indonesia, dibantu supervisi oleh Pasifik Halal Center International sebagai konsultan halal.

Proses audit meliputi mulai dari bahan produksi, pabrikasi hingga semua gudang, dapur dan outlet Dunkin' di seluruh Indonesia.

Dicky menambahkan, proses auditing tidak mengalami kendala karena Dunkin' sudah bersertifikasi halal sejak lama.

Kemudian, pihaknya juga selalu bekerja sama dengan vendor yang telah memenuhi standar halal. Serta, memiliki fasilitas produksi dan dapur Dunkin' yang sudah sesuai dengan standar halal.

"Hal ini sesuai dengan komitmen kami untuk selalu memberikan yang terbaik untuk konsumen, dan terus berkomitmen untuk menyajikan pangan sehat dan halal bagi masyarakat Indonesia," kata Dicky melalui keterangan pers, beberapa waktu lalu.

"Kami terus menerus berupaya untuk mentaati segala peraturan dan perundangan yang berlaku maju ke depan," lanjutnya.

Transformasi Dunkin'

Dicky menyampaikan bahwa sejak 2021 Dunkin’ Indonesia sudah melakukan peremajaan dan inovasi. Waralaba ini melakukan rebranding dengan menghapus kata “Donuts” mengikuti milestone dari Dunkin’ Internasional.

"Ini maksudnya untuk menyampaikan bahwa kami tidak hanya menyediakan donat tetapi juga aneka menu minuman yang nikmat sebagai pasangan dalam menikmati donat, tanpa melupakan animo konsumen yang saat ini dibombardir berbagai penawaran kuliner kekinian," ujarnya.

Ia berharap, donat dan minuman Chocolate di outlet-outlet Dunkin’ tetap menjadi pilihan konsumen dari masa ke masa.

Sertifikasi halal BPJPH

Sebelumnya, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama mengatakan, saat ini sekitar 4.000.000 produk sudah bersertifikat halal, terutama produk makanan dan minuman.

"Sudah 4 juta lebih produk yang bersertifikasi halal. Kalau makanan sekitar 2,5 juta itu yang mau kita akselerasi 7 bulan ke depan," kata Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham di Gama Tower, Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Aqil mengatakan, sertifikat halal pada prinsipnya menyasar dua kelompok yaitu konsumen dan produsen. Ia mengatakan, konsumen berhak mendapatkan keamanan dan kenyamanan terhadap produk yang sudah dipastikan kehalalannya.

Sementara bagi produsen atau pelaku usaha, sertifikat halal dapat digunakan untuk memperluas pasa dan menambah nilai produk.

"Jadi jangan dianggap (sertifikat halal) menjadi hambatan di dalam proses transaksi, tapi justru men-support kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di sektor halal sangat signifikan karena konsumen Indonesia semua mayoritas itu muslim," ujarnya.

https://money.kompas.com/read/2024/04/13/140000826/bpjph-beri-sertifikat-halal-seumur-hidup-ke-dunkin-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke