Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mata Uang Belanda Sekarang dan Sebelumnya

KOMPAS.com - Mata uang Belanda adalah euro dengan kode EUR dan simbol €. Ini karena Belanda masuk dalam Uni Eropa (UE).

Saat ini, nilai tukar 1 euro ke rupiah adalah Rp 17.200 dan selalu berfluktuasi sesuai dengan permintaan dan penawaran.

Apa mata uang Belanda saat ini dan sebelumnya?

Sebelum menggunakan euro, mata uang Belanda adalah adalah gulden (kode NLG) atau juga biasa disebut guilder di banyak negara.

Euro diperkenalkan pada 1 Januari 1999 sebagai mata uang akuntansi virtual, dan kemudian pada 1 Januari 2002, euro mulai beredar dalam bentuk koin dan uang kertas.

Euro digunakan oleh lebih dari 340 juta orang di zona euro, yang meliputi sebagian besar negara-negara Uni Eropa, kecuali Swedia, Denmark, Bulgaria, Kroasia, Polandia, Republik Ceko, Hungaria, Rumania, dan Britania Raya.

Mata uang ini juga digunakan oleh negara-negara di luar Uni Eropa sebagai mata uang cadangan dan sebagai mata uang dalam perdagangan internasional.

Mengenal mata uang Belanda lama dan baru

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, sebelum menggunakan euro, mata uang Belanda adalah gulden.

Berikut penjelasan masing-masing seputar mata uang negara Belanda lama dan yang baru.

1. Euro

Euro adalah mata uang Uni Eropa dan menjadi salah satu mata uang yang paling banyak digunakan sebagai cadangan devisa di banyak negara.

Mengutip Investopedia, euro diluncurkan pada tahun 1999 sebagai bagian dari integrasi UE sebagai Uni Ekonomi dan Moneter Eropa atau Economic and Monetary Union (EMU), euro merupakan mata uang elektronik hingga diperkenalkannya uang kertas dan koin dalam mata uang euro pada tahun 2002.

Euro adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di negara-negara anggota UE yang telah mengadopsinya. Negara yang mata uangnya euro termasuk Austria, Belgia, Siprus, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Irlandia, Italia, Latvia, Lituania, Luksemburg, Malta, Belanda, Portugal , Slovakia, Slovenia, dan Spanyol.

Negara-negara ini membentuk zona euro, wilayah di mana euro berfungsi sebagai mata uang bersama. Negara yang mata uangnya euro non-UE seperti Andorra, Vatican City, San Marino, dan Monaco juga menggunakan euro sebagai mata uang resmi mereka dan beberapa negara memiliki mata uang yang dipatok ke euro.

Bank Sentral Eropa (ECB) mempunyai mandat dari UE untuk menjaga stabilitas harga dengan menjaga nilai euro.

ECB adalah bagian dari Sistem Bank Sentral Eropa (ESCB) bersama dengan bank sentral nasional semua negara anggota UE, termasuk negara-negara yang belum mengadopsi euro.

2. Mata uang Belanda lama (gulden)

Sebelum euro, nama mata uang Belanda adalah gulden hingga tahun 2002. Gulden tidak lagi menjadi alat pembayaran yang sah setelah euro, unit moneter Uni Eropa, menjadi satu-satunya mata uang negara tersebut.

Uang gulden diadopsi sebagai satuan moneter Belanda pada tahun 1816, meskipun akarnya berasal dari abad ke-14, ketika florin, mata uang Florence, menyebar ke Eropa utara, yang kemudian dikenal sebagai gulden.

Ketika mata uang gulden diperkenalkan pada tahun 1816, gulden menggantikan franc Prancis. Di dalamnya terdapat sebuah prasasti (bertuliskan tuhan beserta kita), mata uang gulden adalah salah satu koin pertama yang memiliki prasasti untuk membantu melindungi nilainya dengan mencegah orang memotong perak berharga dari koin tersebut.

Nazi menghapuskan uang gulden sebagai mata uang negara Belanda ketika mereka menduduki negara itu selama Perang Dunia II.

Namun demikian, pemerintah di pengasingan berjanji bahwa mata uang tersebut akan sah setelah perang, dan hanya sedikit orang yang menukar mata uang Belanda.

Pemerintahan di pengasingan mempunyai jutaan koin perak yang dicetak di Amerika Serikat, dan, setelah negara tersebut dibebaskan dari Nazi, orang-orang kembali melebur mata uang tersebut untuk menggunakan perak. Pada tahun 1948 pemerintah memperkenalkan koin nikel.

Sebagai bagian dari warisan kolonialisme Belanda, gulden diadopsi di Suriname dan Antilla, baik gulden Suriname dan Antilla Belanda dibagi menjadi 100 sen.

Mata uang Belanda ke rupiah

Sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya, nilai tukar mata uang Belanda ke rupiah relatif stabil. Di mana setiap 1 euro setara dengan Rp 17.230.

Jadi sudah tahu kan apa mata uang Belanda saat ini dan sebelumnya?

https://money.kompas.com/read/2024/04/17/121052226/mata-uang-belanda-sekarang-dan-sebelumnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke