Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pasarnya Potensial, Chevron-Caltex Perkuat Bisnis Pelumas Industri di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar pelumas industri di Indonesia dinilai masih cukup besar. Salah satunya, pelumas untuk sektor pembangkit listrik (power generation) serta minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia.

Untuk menyasar pasar tersebut, PT Chevron Oil Products Indonesia, prinsipal pelumas global merek Caltex, menunjuk PT Berkat Oase Semesta (PT BOS) sebagai distributornya.

Penandatanganan kerja sama PT Berkat Oase Semesta sebagai distributor produk pelumas Caltex dilakukan di Jakarta, Jumat (31/5/2024) lalu.

Senior Manager Business Development PT Berkat Oase Semesta Wahyu Bawono mengatakan, upaya kerja sama ini untuk memperkuat pasar pelumas Chevron-Caltex untuk sektor industri strategis di Indonesia.

"Industri migas dan pembangkit listrik masih membutuhkan pelumas khusus guna memastikan operasi yang lebih efisien dan andal," kata Wahyu melalui keterangannya, Senin (3/6/2024).

Selain itu, penunjukan PT BOS sebagai distributor Chevron-Caltex menjadi bukti komitmen perusahaan untuk memberikan produk pelumas berkualitas tinggi dan solusi terbaik bagi industri pembangkit listrik dan migas di Indonesia.

Sebagai informasi, pasar pelumas di Indonesia terus tumbuh seiring pertumbuhan manufaktiur dan transportasi, berdasarkan data Asosiasi Pelumas Indonesia (Aspelindo). Bahkan, sejumlah pemain asing juga terus masuk.

Indonesia sendiri dengan jumlah penduduk lebih dari 270 juta jiwa, disebut sebagai salah satu pasar kunci bagi perusahaan pelumas. Di Indonesia, pelumas bakal terus dibutuhkan oleh multisektor dalam menopang pertumbuhan ekonomi sehingga kemandirian dan ketersebaran produksi bakal dibutuhkan.

Data Aspelindo menyebutkan dalam setahun kebutuhan pasar pelumas nasional sebanyak 1,1 juta kiloliter. Dari total kebutuhan pelumas nasional, sebanyak 55 persen diperuntukkan bagi industri, sisanya untuk otomotif.

https://money.kompas.com/read/2024/06/03/211531226/pasarnya-potensial-chevron-caltex-perkuat-bisnis-pelumas-industri-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke